Dirjen Darat: Seluruh Moda Transportasi Wajib Diperiksa

Dirjen Darat: Seluruh Moda Transportasi Wajib Diperiksa
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, CIREBON - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto melakukan ramp check bus AKAP Angkutan Lebaran 2017 di Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Jumat (9/6).

Pudji mengatakan, pemeriksaan kelaikan kendaraan bermotor di terminal harus dilakukan sesuai dengan prosedur.

"Penumpang juga harus kritis dan berani menegur pengemudi jika melakukan pelanggaran karena kalau polisi yang menegur pasti sudah telat, yang tahu sopir ugal-ugalan pasti penumpang le ih dulu," ujar Pudji.

Saat meninjau Terminal Cirebon ditemukan ada bus yang retak kaca depannya. Pudji meminta kendaraan tersebut ditilang dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

"Seluruh moda transportasi wajib diperiksa. Bus yang pertama lolos. Saya cek ulang apakah peralatan keselamatannya sudah lengkap. Ada sabuk keselamatan, alat pemecah kaca," lanjutnya.

Pudji menambahkan, pihaknya telah melakukan rampcheck moda transportasi yang akan digunakan untuk angkutan lebaran.

"Ramcheck akan terus dilakukan hingga H-10 nanti. Dari 70 persen, ada 39 persen yang tidak laik jalan. Ada bus akap, akdp dan pariwisata," tutur Pudji.

Pudji juga menyampaikan bahwa pengusaha angkutan umum juga harus peduli kepada keselamatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto melakukan ramp check bus AKAP Angkutan Lebaran 2017 di Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News