Dirjen IKP Minta Humas Giatkan Kampanye Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Dirjen IKP Minta Humas Giatkan Kampanye Cegah Gelombang Ketiga Covid-19
Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong saat dialog bersama Komika Hifdzi Khoir pada gelaran Anugerah Media Humas (AMH) 2021 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (4/11) malam. Foto: Dokumentasi Kominfo

jpnn.com, DENPASAR - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Usman Kansong berharap agar humas turut peduli dan mengambil peran dalam mencegah gelombang ketiga Covid-19.

Harapan itu disampaikan saat dialog bersama Komika Hifdzi Khoir pada gelaran Anugerah Media Humas (AMH) 2021 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (4/11) malam.

“Dalam jangka pendek, saya berharap humas-humas, terutama yang di daerah bisa melakukan berbagai kampanye, misalnya dengan memasang baliho yang meminta masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan,” kata Dirjen Usman.

Dia menyarankan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, humas juga bisa melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun tokoh adat.

”Seperti di Bali misalnya, ada pecalang yang bisa dilibatkan untuk mengajak masyarakat jaga prokes,” jelasnya.

Untuk jangka panjangnya sesuai arahan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, humas hendaknya bisa beradaptasi menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Humas harus memiliki kecakapan digital dan tidak lagi harus sepenuhnya berkutat pada media konvensional, tetapi sudah mulai membuat konten-konten kreatif di media digital supaya komunikasi yang disampaikan mengena dan efektif.

“Komunikasi tujuannya mengubah sikap dan perilaku, maka komunikasi kita dalam konteks Covid ini tujuannya adalah mengubah perilaku orang supaya orang lebih patuh menjaga protokol kesehatan," pessannya.

Dalam dialog tersebut, Dirjen Usman juga mengungkapkan tren kasus baru yang terjangkit Corona dalam 3-4 hari terakhir sempat terjadi peningkatan, meskipun secara umum perkembangan pandemi di Indonesia memang membaik.

Sejumlah langkah dilakukan untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19, Dirjen IKP berharap humas ikut berperan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News