Dirjen Pajak Ingin Buka Kantor di Luar Negeri

Dirjen Pajak Ingin Buka Kantor di Luar Negeri
Dirjen Pajak Ingin Buka Kantor di Luar Negeri
JAKARTA— Untuk menjaring potensi pajak di luar negeri, Direktorat Jenderal Pajak bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri tengah mempersiapkan untuk pembukaan cabang di luar negeri. "Sarananya sedang dipersiapkan, termasuk bekerja sama dengan atase-atase keuangan di sejumlah negara,"kata Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/8).

Ungkapan Tjiptarjo memang masih sebatas wacana. Pasalnya, hingga saat ini ia mengakui belum tahu negara mana saja yang memerlukan pembukaan kantor cabang pelayanan pajak untuk Indonesia. Persiapannya masih panjang, karena ini juga menyangkut kerja sama bilateral antar negara. "Karena harus mengurus perzinan dari otoritas negara terkait," ujar Tjiptardjo.

 

Toh begitu, Tjiptardjo mengaku sudah melakukan inhouse training terhadapstafnya. "Sudah lima belas orang yang kita latih untuk mempersiapkan langkah ini," katanya. Ditambahkannya, untuk memilih Negara mana saja yang akan ditempatkan kantor cabang pelayanan Pajak, harus melihat dari geografis dan pembagian wilayah Negara tersebut.

‘’Misalnya Negara seperti Hong Kong. Di Kemenlu kita untuk atase Hongkong itu bisa membawahi beberapa Negara. Kita juga akan prioritaskan Negara yang banyak pengusaha Indonesia berinvestasi disana,’’ kata Tjiptardjo.

JAKARTA— Untuk menjaring potensi pajak di luar negeri, Direktorat Jenderal Pajak bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri tengah mempersiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News