Pemerintah Kejar Target Growth 6,3 Persen

Pemerintah Kejar Target Growth 6,3 Persen
Pemerintah Kejar Target Growth 6,3 Persen
JAKARTA - Setelah optimis mampu mencapai pertumbuhan ekonomi (growth) 6 persen dari target 5,8 persen di tahun 2010, pemerintah kembali menaikkan target growth pada tahun depan menjadi 6,3 persen. Kenaikan target growth ini menandakan optimisme pemerintah menyambut perekonomian tahun 2011.

"Kita telah tetapkan (target) growth tahun depan 6,3 persen. Ini growth yang berkesinambungan dan penting sekali disampaikan. Karena di dunia banyak yang defisitnya besar-besar, sementara Indonesia masih terus menahan diri untuk menjaga defisit," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, Rabu (18/8), di kantor Bappenas, Jakarta.

Penetapan target growth 6,3 persen pada tahun 2011, menurut Menkeu, telah mempertimbangkan banyak faktor perhitungan. Antara lain yakni laju inflasi sebesar 5,3 persen, suku bunga SBI 3 bulan sebesar 6,5 persen, nilai tukar Rp 9.300 per dolar AS, harga minyak USD 80 per barel, serta lifting minyak sebesar 970 ribu barel per hari.

"Dalam berbagai pertemuan, kita bahkan membahas dalam range 6,1 sampai 6,4 persen, hingga akhirnya kita tetapkan pada asumsi 6,3 persen. Bagaimanapun, kita tetap harus waspadai krisis di dunia yang belum selesai. Kita juga betul-betul mempersiapkan (diri) menghadapi inflasi," kata Agus.

JAKARTA - Setelah optimis mampu mencapai pertumbuhan ekonomi (growth) 6 persen dari target 5,8 persen di tahun 2010, pemerintah kembali menaikkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News