Refleksi Akhir Tahun Ditjen PPKL

Dirjen Sigit: Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Nasional 2021 Meningkat

Dirjen Sigit: Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Nasional 2021 Meningkat
Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan(PPKL) KLHK Sigit Reliantoro pada acara seminar/talkshow Refleksi Akhir Tahun 2021 bertema “Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Pengelolaan Das Dan Rehabilitasi Hutan, Serta Pemulihan Lingkungan” di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 1,16 poin dari tahun sebelumnya dikarenakan adanya peningkatan nilai IKU dan IKAL.

Provinsi yang berhasil mencapai target IKLH 2021 sebanyak 28 provinsi, sedangkan yang tidak dapat mencapai target sebanyak 6 provinsi. Nilai sementara IKLH Tahun 2021 berada pada rentang BAIK.

Mulai tahun 2021 Provinsi/Kabupaten/Kota diminta menetapkan target IKLH dan memasukan ke dalam RPJMD. KLHK memberikan pedoman mengenai target dari masing-masing daerah. 

IKLH menjadi dasar pembahasan penyusunan dokumen rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan dengan Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ditjen Otonomi Daerah dan Kemendagri.

Pencapaian target IKLH menjadi salah satu kriteria evaluasi kinerja pembangunan lingkungan hidup di daerah. 

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro mengemukakan hal itu dalam Refleksi Akhir Tahun 2021 Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan bertema “Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Pengelolaan Das Dan Rehabilitasi Hutan, Serta Pemulihan Lingkungan”.

Kegiatan ini dalam bentuk seminar/talkshow ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) di Jakarta, Selasa (21/12/2021). 

Selain Sigit Reliantoro, narsumber dalam acara ini adalah Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum (Direktur Jenderal PDASRH. Sedangkan penanggap/pembahas adalah Trijoko Solehoedin (Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP RI), Dr. Irdika Mansur (Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan IPB), Prof. Chay Asdak, M.Sc., Ph.D (Fakultas Teknologi Industri Pertanian serta Program Magister Ilmu Lingkungan di Universitas Padjajaran), dan Dr. Ir. IB Putera Parthama, M.Sc. (Ketua Harian I Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Tingkat Nasional) serta moderator MR. Karliansyah (Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Pemulihan Lingkungan).

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 1,16 poin dari tahun sebelumnya dikarenakan adanya peningkatan nilai IKU dan IKAL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News