Disdukcapil Kota Bandung Siap-Siap Mendata Pendatang Pasca-Libur Lebaran

Disdukcapil Kota Bandung Siap-Siap Mendata Pendatang Pasca-Libur Lebaran
Disdukcapil akan mendata pendatang di Kota Bandung, Jabar. Foto: ilsutrasi/ Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Jabar akan menggelar pelayanan identitas kependudukan digital di beberapa titik pintu kedatangan Kota Bandung pascalibur lebaran 2023.

Kegiatan itu mulai 27 April sampai 28 April 2023.

"Hal tersebut sebagai Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Non-Permanen. Juga sekaligus mendata penduduk nonpermanen di Kota Bandung usai hari raya," kata Kepala Disdukcapil Kota Bandung Tatang Muhtar dalam keterangan tertulis di Bandung, Jumat (21/4).

Tatang mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung, kecamatan dan kelurahan pada kegiatan Imbauan Simpatik tersebut.

"Adapun lokasi Imbauan Simpatik yakni di Terminal Leuwipanjang, Stasiun Kiaracondong, dan Terminal Cicaheum," katanya.

Tatang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengimbau dan mendata para penduduk pendatang yang akan tinggal sementara/tidak menetap di Kota Bandung.

Termasuk memeriksa kelengkapan dokumen identitas penduduk pendatang serta tujuan kedatangan ke Kota Bandung.

"Dengan meningkatnya mobilitas penduduk nonpermanen diperlukan gambaran kondisi dan perkembangannya serta ketersediaan data penduduk nonpermanen di Kota Bandung. Kegiatan ini pun sebagai upaya dalam meningkatkan cakupan pendaftaran penduduk non permanen," tuturnya.

Disdukcapil mengimbau dan mendata para penduduk pendatang yang akan tinggal sementara/tidak menetap di Kota Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News