Disiapkan Beasiswa Anak Daerah Kuliah Kedokteran

Disiapkan Beasiswa Anak Daerah Kuliah Kedokteran
Disiapkan Beasiswa Anak Daerah Kuliah Kedokteran
JAKARTA --- Pemerintah akan menyiapkan program beasiswa khusus untuk anak-anak miskin yang memiliki prestasi akademik seperti halnya beasiswa Bidik Misi. Hanya saja, kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal, beasiswa ini khusus untuk pendidikan di Fakultas Kedokteran.

“Kalau pemerintah sebelumnya ada program beasiswa Bidik Misi, ini bahkan ada Bidik Misi Super. Jadi, beasiswa ini khusus untuk anak-anak pintar yang berasal dari daerah-daerah yang kurang tenaga medis atau dokter, untuk bisa dijemput masuk ke fakultas kedokteran,” ungkap Fasli di Jakarta, Selasa (28/7).

Untuk mewujudkan hal ini, lanjut Fasli, Kemdiknas pun harus ikut berperan di dalam penyusunan RUU Pendidikan Kedokteran. Kemdiknas sudah mengusulkan beberapa materi agar dimasukkan ke RUU tersebut. “Misalnya, bagaimana pendidikan kedokteran ini ada kejelasan antara pendidikan akademik dan profesi. Ini harus jadi kesatuan. Bagaimana izin-izinnya, syarat-syarat kelembagaan, siapa yang membiayai apa. Kita juga memandang pentingnya akses anak-anak di daerah yang selama ini kurang sekali mendapat pendidikan kedokteran,” paparnya.

Mantan Dirjen Dikti Kemdiknas ini menilai, anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman ataupun perbatasan yang minim tenaga medis tersebut seharusnya  penting sekali untuk bisa mendapatkan pendidikan kedokteran. “Dengan adanya usulan di dalam RUU ini, Kemdiknas bisa dikatakan memberikan perhatian, afirmasi dan beasiswa kepada mereka. Sehingga keadilan untuk mendapatkan pendidikan kedokteran ini dapat dinikmati oleh seluruh provinsi,” tukas Fasli.

JAKARTA --- Pemerintah akan menyiapkan program beasiswa khusus untuk anak-anak miskin yang memiliki prestasi akademik seperti halnya beasiswa Bidik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News