Disiapkan Rp10 M untuk Rawat TMP

Disiapkan Rp10 M untuk Rawat TMP
Disiapkan Rp10 M untuk Rawat TMP
JAKARTA --Departemen Sosial melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial merencanakan menganggarkan Rp 51 miliar lebih untuk beberapa program. Diantaranya, perbaikan Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di Indonesia. Taman Makam Pahlawan Nasional yang masuk dalam pemeliharaan dan perbaikan termasuk Makam Pahlawan Kalibata, Taman Makam Pahlawan di Timor Leste, dan Makam Tuanku Tambusai yang ada di Malaysia.

Dana tersebut juga rencananya dipakai untuk memperbaiki 106 unit rumah para pahlawan nasional. Sebagian yang lain akan digunakan untuk rangkaian kegiatan seremonial termasuk peringatan Hari Pahlawan dan sebagainya. Sementara untuk daerah, akan dianggarkan melalui dana dekonsentrasi sebesar Rp 10 miliar lebih untuk pemeliharaan 33 Taman Makam Pahlawan Nasional di 33 Provinsi.

Dana tersebut juga dialokasikan untuk perbaikan 62 unit rumah pahlawan dan perintis kemerdekaan di 33 Provinsi. “Selain itu dianggarkan Rp 8 miliar untuk pemugaran 15 Taman Makam Pahlawan Nasional di 15 Provinsi,” urai Dirjen Peberdayaan Sosial Drs. Rusli Zahid dalam rapat dengan Komisi VIII DPR di Senayan, Senayan (21/1).

Sementara untuk Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil, Dirjen Pemberdayaan Sosial menggelontorkan dana total Rp 118 miliar lebih. Untuk di daerah akan diberikan dalam bentuk dana dekonsentrasi Rp 20 miliar lebih. “Tahun 2010 pagu turun sebesar 0, 03 persen untuk Direktorat Pemberdayaan Sosial,” urai Rusli.

JAKARTA --Departemen Sosial melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial merencanakan menganggarkan Rp 51 miliar lebih untuk beberapa program.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News