Disidak Anggota DPR, KA Anjlok

Disidak Anggota DPR, KA Anjlok
Petugas memeriksa rel kereta yang bermasalah di dekat stasiun Tegal.
TEGAL – Insiden memalukan menampar jajaran PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Saat kesiapan lintasan rel kereta api bakal ditinjau jajaran Komisi V DPR dan bina marga pusat, petaka justru menimpa kereta yang membawa rombongan tersebut, Jumat (19/9).

Radar Tegal (Jawa Pos Group) melaporkan, KA Argo Bromo Anggrek bernomor loko 20322 CC yang dimasinisi S.T. Nainggolan, 46, anjlok di km 7 atau 7.000 meter sebelah selatan Stasiun Tegal. Insiden yang terjadi pukul 13.30 itu membuat ratusan penumpang panik dan berebut keluar melalui pintu kereta.

Gerbong kelima di antara delapan rangkaian gerbong kereta yang berangkat dari Jakarta pukul 09.30 tujuan Surabaya tersebut anjlok. Kereta yang terdiri atas satu lokomotif, satu kereta pembangkit, satu kereta makan, dan lima kereta penumpang tersebut sebelumnya sempat meluncur landai ketika memasuki km 7 menuju arah stasiun.

Namun, ketika rangkaian melintas masuk dari jalur II ke jalur I, tiba-tiba rangkaian kereta nomor 4 tidak bisa masuk ke jalur yang sama karena adanya kerusakan pada wesel. Beruntung, rombongan Komisi V DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V Taufik Kurniawan berada di kereta nomor 2 dari belakang.

Taufik bersama rombongan terpaksa turun di lokasi dan melanjutkan tinjauan ke stasiun menggunakan mobil dinas perhubungan. ’’Insiden ini menjadi catatan hasil persiapan PT KAI menjelang Lebaran. Kami segera berkoordinasi dengan direktur PT KAI pusat dan Dirjen PT KAI di Semarang,’’ katanya kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Salah seorang penumpang, Rohman, 56, asal Jagir Wonokromo, Surabaya, mengaku kaget. Ketika hendak menuju toilet, tiba-tiba dirinya merasakan kereta keluar dari rel. Pria setengah baya itu sempat mengira kereta akan terguling.

Akibat insiden tersebut, sedikitnya 247 penumpang dievakuasi menuju gerbong terdepan untuk melanjutkan perjalanan menuju stasiun kereta api kota besar. Petugas PT KAI pun berupaya keras memutus rangkaian gerbong yang anjlok untuk memudahkan tiga kereta di depannya melanjutkan perjalanan menuju stasiun.

Insiden memalukan tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar yang melintas di Jalan Semeru. Kepala Stasiun Wahono sebelumnya sempat beberapa kali mengelak memberikan penjelasan kepada sejumlah wartawan terkait dengan penyebab insiden tersebut.

TEGAL – Insiden memalukan menampar jajaran PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Saat kesiapan lintasan rel kereta api bakal ditinjau jajaran Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News