Diskriminasi Terhadap Keturunan Asia Meningkat di AS, KJRI Minta WNI Waspada

Diskriminasi Terhadap Keturunan Asia Meningkat di AS, KJRI Minta WNI Waspada
Diskriminasi terhadap warga keturunan Asia di Amerika. Foto: CNN

jpnn.com, CHICAGO - Konsul Jenderal RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir mengimbau WNI waspada menyusul meningkatnya aksi kekerasan terhadap warga keturunan Asia di Amerika Serikat.

Terutama WNI yang berdomisili di wilayah Midwest (Amerika Serikat Barat Tengah). WNI diminta meningkatkan kewaspadaan diri termasuk dengan tidak mengenakan perhiasan yang mencolok.

“Harus bisa menjaga diri, tidak memancing tindak kekerasan dengan menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap,” ungkap Meri Binsar dalam keterangan resmi.

Menurut Meri, jika terjadi sesuatu yang dianggap membahayakan diri, WNI diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang.

“Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku. Ingat, nomor telepon Hotline KJRI Chicago selalu dapat dihubungi 24/7,” imbuhnya.

Meri menambahkan KJRI terus mengimbau WNI di wilayah Midwest untuk terus mengedepankan kehati-hatian, meskipun hingga saat ini tidak ada laporan tindak kekerasan yang dialami.

“Tidak hanya dengan turun langsung ke kantong-kantong masyarakat yang ada di Midwest, tapi juga melalui media sosial dan website KJRI Chicago,” tegasnya.

Wilayah kerja KJRI Chicago meliputi 13 negara bagian di Midwest Amerika Serikat, yaitu Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio,  South Dakota dan Wisconsin dengan jumlah WNI mencapai 11.682 orang. (ngopibareng/jpnn)

Jika terjadi sesuatu yang dianggap membahayakan diri maka WNI diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang dan KJRI.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News