Disnaker Medan Gencarkan Pelatihan, 64,3 Persen Peserta dapat Pekerjaan

Disnaker Medan Gencarkan Pelatihan, 64,3 Persen Peserta dapat Pekerjaan
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Ilyan Chandra Simbolon mengatakan hasil pelatihan itu membuahkan hasil. Foto: Dok Disnaker Medan

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Ketenagakerjaan atau Disnaker Medan gencar memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja.

Hal itu dilakukan atas dasar tindak lajut arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Ilyan Chandra Simbolon mengatakan hasil pelatihan itu membuahkan hasil.

"Sebanyak 64,3 persen peserta pelatihan telah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilan dimiliki," ungkap Chandra dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (10/1).

Chandra menyebutkan pelatihan-pelatihan itu dilakukan Disnaker Medan, ataupun berkolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan.

Adapun pelatihan Disnaker Medan, yakni pelatihan mesin pendingin, design grafis dan sablon, tata boga, perhotelan dan pariwisata, content creator, pra pelatihan magang ke luar negeri, food and beverages, digital marketing, barbershop, K3 Umum, operator alat berat.

Kemudian, pelatihan yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan adalah house keeping, cabinet maker, barista, spa therapist, autocad, produktivitas, housekeeping for medis, baritas, forklip, dan MTU barista.

Chandra mengatakan jenis pelatihan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan pasar kerja, sehingga tidak ada kesenjangan kebutuhan dengan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja.

Dinas Ketenagakerjaan gencar memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News