Disney Gelontorkan Rp 711 T untuk Beli 21st Century Fox

Disney Gelontorkan Rp 711 T untuk Beli 21st Century Fox
Episode kartun The Simpson memperlihatkan logo 20th Century Fox yang memiliki tulisan A Division of Walt Disney Co. di bawahnya. (Fox)

jpnn.com - Industri hiburan Hollywood mencatat satu peristiwa besar kemarin, Kamis (14/12). Walt Disney Studios resmi mengakuisisi kerajaan hiburan 21st Century Fox dengan nilai USD 52,4 miliar (Rp 711 triliun).

Kesepakatan itu meliputi 39 persen saham Fox di satelit penyiaran Sky dan studio 20th Century Fox yang dikenal dengan film-film box office-nya, termasuk pemuncak daftar film terlaris sepanjang masa, Avatar (2009).

Kontrak itu mengakhiri ekspansi setengah abad yang dilakukan raja media Rupert Murdoch. Pria 86 tahun tersebut sukses mengembangkan surat kabar Australia warisan orang tuanya ketika dirinya berusia 21 tahun.

Dia menjadi salah satu konglomerasi media dan film terbesar di dunia. Dikutip dari BBC, keputusan Murdoch itu tergolong mengejutkan. Murdoch lebih memilih menjual aset meski sejumlah pihak mengira dirinya akan mengalihkan bisnis tersebut kepada dua putranya, James and Lachlan.

”Akuisisi dari rangkaian bisnis 21st Century Fox menggambarkan peningkatan permintaan konsumen pada keragaman pengalaman hiburan yang semakin menarik, mudah diakses, dan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya,” kata Bob Iger, chairman dan CEO Disney dikutip dari Variety.

Iger merasa terhormat karena Murdoch memercayakan bisnis yang dia bangun lebih dari separo hidupnya kepada Disney. Dia akan menjadikan momentum itu untuk meningkatkan portofolio berbagai franchise milik Fox.

”Kesepakatan ini juga memperluas jangkauan internasional kami, membuat kami bisa menawarkan dongeng kelas dunia dan platform distribusi yang inovatif kepada konsumen di pasar-pasar utama dunia,” tambah Iger.

Murdoch menyatakan bangga bisa membuat dealing raksasa itu dengan Iger. Akuisisi tersebut, menurut dia, akan membuka beberapa hal baru yang menarik dengan cara Disney.

Walt Disney Studios resmi mengakuisisi kerajaan hiburan 21st Century Fox dengan nilai USD 52,4 miliar (Rp 711 triliun).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News