Distribusikan Kartu Berlogo GPN

Distribusikan Kartu Berlogo GPN
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Yudi Harymukti saat menjelaskan program tersebut ke awak media. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Kampanye program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) gencar dilakukan. Bank Indonesia Kantor Wilayah Jatim, misalnya, akan melakukan penukaran kartu debit dengan kartu berlogo GPN bersama perbankan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Yudi Harymukti menyatakan, kampanye secara nasional diadakan untuk meningkatkan awareness dan penerimaan masyarakat terhadap GPN. Khusus di Jatim, bakal ada kampanye sekaligus layanan penukaran kartu.

GPN merupakan terobosan Bank Indonesia agar masyarakat bisa mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas. Program itu bertujuan mengatasi sistem pembayaran ritel domestik yang masih kompleks dan inefisien. ''GPN berupaya menghilangkan fragmentasi dalam layanan pembayaran ritel. Dengan begitu, sistem pembayaran lebih efisien,'' katanya kemarin (25/7).

Dalam program GPN, jumlah penerbit kartu sebanyak 98 perbankan nasional. Targetnya, tahun ini 30 persen nasabah pemilik rekening tabungan sudah menggunakan kartu berlogo GPN. ''Pada 2022, penerbit wajib memastikan seluruh nasabah yang memiliki kartu debit/ATM harus mempunyai paling sedikit satu kartu berlogo GPN,'' tegas Yudi.

Sejalan dengan target tersebut, pihaknya akan mengadakan penukaran kartu. Di Surabaya, penukaran dilakukan di empat titik. Yakni, di kantor Bank Indonesia, Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, dan Pasar Atum. Kegiatan itu berlangsung pada 30 Juli hingga 3 Agustus.

Sebelas bank berpartisipasi dengan menyiapkan sekitar 380 ribu kartu. Yaitu, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, BPD Jatim, Bank Maspion, Bank Syariah Mandiri, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, dan Bank Artha Graha. ''Targetnya, per hari ada 80 kartu yang bisa didistribusikan kepada masyarakat selama pekan kampanye GPN,'' paparnya. (res/c14/fal) 

Di Surabaya, penukaran dilakukan di empat titik. Yakni, di kantor Bank Indonesia, Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, dan Pasar Atum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News