Ditanya Hubungannya dengan si Artis Janda, Rizal Ramli Jawab Begini

Ditanya Hubungannya dengan si Artis Janda, Rizal Ramli Jawab Begini
Rizal Ramli. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - LEBIH dari satu dasawarsa terakhir, Rizal Ramli memang sudah biasa menyampaikan kritik-kritik tajam kepada pemerintah.

Bahkan, sebelum ditunjuk menjadi menteri koordinator kemaritiman, peraih gelar doktor dari Boston University itu juga aktif menyerang kebijakan-kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo.  
    
Misalnya, ketika Presiden Jokowi mengambil kebijakan menaikkan harga premium  pada November 2014. Saat itu, dengan nada menyindir, Rizal Ramli menyampaikan selamat ke presiden karena telah mengikuti saran Bank Dunia.
    
Kritik pedas juga kembali meluncur ke Presiden Jokowi saat riuh konflik KPK-Polri. Ketika itu, dia meminta presiden untuk menghentikan permainan ludruk-nya. Ludruk adalah drama panggung yang kerap diselilingi humor khas Jawa Timur.

Dengan sikap kritis yang dilakukan itu wajarlah saat mantan kabulog sekaligus mantan menko perekonomian di era Presiden Gus Dur itu dipilih Presiden Jokowi masuk dalam kabinet, sejumlah pihak mempertanyakan dasar pemilihannya.  
            
Dalam sejumlah kesempatan, presiden hanya menyampaikan, kalau pemilihan sosok-sosok yang masuk dalam kabinet adalah untuk memperkuat koordinasi pemerintahan. Keterangan soal alasan Presiden Jokowi memilih Rizal Ramli jadi Menko Kemaritiman justru keluar dari Rizal Ramli sendiri.

Rizal mengaku, setelah dirinya dilantik, dia mendapat arahan secara umum dari Presiden Jokowi. Rupanya Jokowi menilai Rizal Ramli sosok yang punya visi jelas dan berani sehingga ditempatkan di posisi strategis itu.

"Presiden bilang, Mas Rizal kan orang yang visinya jelas. Kedua, berani. Ya saya minta Mas Rizal lakukan apa yang Mas Rizal anggap penting untuk perubahan ke arah yang lebih baik," ungkap Rizal saat meninggalkan Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8) lalu.
    
Dari informasi yang dihimpun, masuknya Rizal ke kabinet Jokowi-JK adalah dari "pintu" Jokowi langsung. Beberapa pihak non-partai disebut-sebut ikut merekomendasi nama yang bersangkutan. Salah satunya adalah mantan direktur eksekutif kemitraan HS Dillon. Kemitraan adalah adalah LSM high profile di Indonesia karena banyaknya lembaga internasional yang mendukung pendanaannya.   
    
Tak hanya tingkahnya di kabinet kerja, beberapa isu seputar perempuan juga sempat membuat Rizal Ramli menjadi incaran media infotaintment. Salah satunya hubungannya dengan artis bintang sinteron Si Doel, Cornelia Agatha.

Sebelum dimunculkan oleh salah satu tabloid infotainment dalam terbitan terakhirnya, isu kedekatan keduanya sudah muncul pada Desember 2014 lalu. Saat itu, berita Rizal dan Cornelia membina hubungan serius muncul dalam pemberitaan sebuah media infotainment.
    
Saat dikonfirmasi menyangkut hubungannya dengan artis berstatus janda itu, Rizal menolak memberi jawaban. "No commento soal itu, no commento," elak Rizal, saat ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.  

Dalam kehidupan pribadinya, Rizal pernah menikah dua kali. Yaitu, dengan Herawati Moelyono (1982-2006) dan Marijani (Liu Siaw Fung) (2008-2011). Keduanya telah meninggal dunia. (dyn/dod/kim)

LEBIH dari satu dasawarsa terakhir, Rizal Ramli memang sudah biasa menyampaikan kritik-kritik tajam kepada pemerintah. Bahkan, sebelum ditunjuk menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News