Ditanya Peluang Amien Rais jadi Presiden, Hasto Jawab Begini

Ditanya Peluang Amien Rais jadi Presiden, Hasto Jawab Begini
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons santai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang merasa layak menjadi capres di pilpres 2019. Menurut Hasto, keinginan Amien menjadi presiden bukan hal baru.

"Ya sejak dulu kan Pak Amien pengin jadi presiden," kata Hasto di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

Hasto menyatakan bahwa setiap warga negara punya hak konstitusional untuk mencalonkan dan dicalonkan selama memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Menurut Hasto, syarat dicalonkan sebagai presiden dan wakil presiden harus didukung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang sekurang-kurangnya 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara sah nasional.

BACA JUGA: Boni: TGB Belum Pantas Dampingi Jokowi

"Selama itu terpenuhi sah-sah saja, dan rakyat yang akan menilai mana pemimpin yang betul-betul ingin membangun bangsa dan negara, dan mana yang hanya digerakkan karena ambisi kekuasaan," kata Hasto.

Soal seberapa besar peluang Amien, Hasto enggan berkomentar banyak. "Ya nanti rakyat yang menentukan," tegasnya. (boy/jpnn)

 


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, setiap warga negara punya hak konstitusional mencalonkan dan dicalonkan, termasuk Amien Rais.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News