Ditemukan, 30 Situs Purbakala

Ditemukan, 30 Situs Purbakala
Ditemukan, 30 Situs Purbakala
PAGARALAM - Tim peneliti dari Balai Arkeologi Palembang, Sumatera Selatan, menemukan sedikitnya 30 situs purbakala berupa batu megalit di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Pajar Bulan, kabupaten Lahat. Situs yang baru ditemukan tersebut berupa Batu Datar sebanyak 23 buah, Dolmen 2 buah, Batu Tegak 3 buah, Menhir 2 buah, Satu Lumpang Batu  dan Tetralet atau tempat pertemuan sebanyak 3 buah.

"Kemungkinan di daerah ini merupakan pusat pemukiman kuno, tapi semuanya masih dalam penelitian," Ketua Tim Balai Arkeologi Palembang, Kristina Indriastuti.

Banyaknya situs yang ditemukan, kemungkinan akan ada penambahan berbagai temuan lainnya. Sebab, di lokasi tersebut diduga sebagai tempat penyimpanan berbagai benda purba megalit. "Temuan megalit di Desa Pajar Bulan ini merupakan temuan baru yang sangat menarik. Hari pertama penelitian  sudah ditemukan 30 lebih berbagai jenis batu megalit," jelasnya.

Meskipun belum memberikan kesimpulan pasti, namun Kristina menduga pajar bulan salah satu lokasi pemukiman kuno. Itu tadi, ada temuan berupa batu datar yang membentuk tempat pertemuan atau balai sidang. "Yang jelas, ini butuh penelitian lebih lanjut."

PAGARALAM - Tim peneliti dari Balai Arkeologi Palembang, Sumatera Selatan, menemukan sedikitnya 30 situs purbakala berupa batu megalit di Desa Pajar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News