Ditemukan Alat Pendeteksi Bakteri Tercepat

Ditemukan Alat Pendeteksi Bakteri Tercepat
Ditemukan Alat Pendeteksi Bakteri Tercepat
SWISS -- Para ilmuwan Swiss berhasil membuat sebuah alat seukuran kotak korek api yang dapat mendeteksi adanya aktivitas bakteri berbahaya pada seorang pasien hanya dalam beberapa menit saja.

Alat ini akan memangkas teknologi sebelumnya yang memerlukan waktu hingga beberapa hari atau bahkan minggu seperti yang dapat dilakukan teknologi kesehatan sekarang ini.

Para peneliti dari Swiss Federal Institute of Technology in Lausanne (EPFL) menyatakan mereka menemukan solusi di tingkat atom. Perangkat yang baru mereka kembangkan itu ditempatkan di bagian tengah sebuah tuas mikroskopis yang akan bergetar jika ada kegiatan bakteri.

Laser yang terfokus pada tuas itu menangkap getaran dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal-sinyal elektris yang dapat dibaca semudah elektrokardiogram. "Jika tidak ada sinyal , ini berarti tidak ada bakteri," ujar salah seorang peneliti seperti dilansir popsci (2/7).

SWISS -- Para ilmuwan Swiss berhasil membuat sebuah alat seukuran kotak korek api yang dapat mendeteksi adanya aktivitas bakteri berbahaya pada seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News