Ditemukan Jenis Baru Tumbuhan Lolo

Ditemukan Jenis Baru Tumbuhan Lolo
Ditemukan Jenis Baru Tumbuhan Lolo
PADANG--Tumbuhan dalam suku jahe-jahean umumnya mempunyai nilai ekonomi tinggi, baik sebagai bahan pangan, obat-obatan maupun industri. Karena itu, kelompok tumbuhan ini aktif diteliti dan terus digali potensinya, terutama pada kelompok liarnya.

Salah satunya Hornstedtia Retz, marga dari suku Zingiberaceae (jahe-jahean), yang berkerabat dekat dengan kapulaga/gardamunggu (amomum), kincuang (etlingera) dan lengkuas (alpinia). Atau masyarakat Minangkabau mengenal tumbuhan ini dengan nama pua atau lolo.

 

"Khusus kelompok ini, sering terjadi kekeliruan dan minimnya informasi ilmiah. Makanya, ilmu taksonomi bertanggung jawab untuk meluruskan kesalahan ilmiah seperti ini," kata mahasiswi program Doktoral Pascasarjana Unand, Nurainas, kepada Padang Ekspres (Grup JPNN), ketika menyampaikan hasil penelitian disertasi Doktoral Pascasarjana Unand, Rabu (26/12).

Disertasi yang berjudul Revisi Taksonomi dan Analisa Filogeni genus Hornstedtia  Retz (Zingiberaceae) di Sumatera itu akan dipertahankannya dalam ujian terbuka di gedung Pascasarjana, hari ini (27/12). Sebagai pembimbing Syamsuardi, Ardinis Arbain dan Axel Dalberg Poulsen.

PADANG--Tumbuhan dalam suku jahe-jahean umumnya mempunyai nilai ekonomi tinggi, baik sebagai bahan pangan, obat-obatan maupun industri. Karena itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News