Ditemukan Obat yang Mampu Memperbaiki Sel Jantung

Ditemukan Obat yang Mampu Memperbaiki Sel Jantung
Ditemukan Obat yang Mampu Memperbaiki Sel Jantung
LONDON- Para ahli farmasi di Inggris sedang mengembangkan obat yang bisa membuat jantung memperbaiki jaringannya sendiri. Obat ini masih dalam penelitian dan tahap uji coba kepada tikus.

Sebelumnya, penderita sakit jantung dianggap menjadi permanen. Namun, dalam penelitian yang dilakukan Journal Nature menunjukkan bahwa obat jenis Thymosin Beta 4 bisa diharapkan mampu memperbaiki kondisi pasien jika digunakan lebih awal pada penderita.

British Heart Foundation yang mendanai proyek tersebut menyebutkan obat ini kemungkinan akan bisa digunakan kepada manusia beberapa tahun lagi. Diharapkan, dengan kemajuan penelitian ini mampu mengurangi jumlah orang yang meninggal akibat serangan jantung koroner. Saat ini, di Inggris saja sedikitnya 750.000 orang yang hidup dengan gagal jantung.

Para peneliti di University College London menemukan sekelompok sel yang dapat berubah menjadi berbagai jenis jaringan jantung. Sel ini pada orang dewasa didapati dari epicardium-line, sebuah jaringan sel yang tidak aktif lagi. Dengan teknik kimiawi, para ahli dapat "membangunkan" sel ini dengan menggunakan Thyemosin Beta 4.

LONDON- Para ahli farmasi di Inggris sedang mengembangkan obat yang bisa membuat jantung memperbaiki jaringannya sendiri. Obat ini masih dalam penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News