Ditemukan Situs Ketawang Gede

Ditemukan Situs Ketawang Gede
Ditemukan Situs Ketawang Gede
SIAPA sangka di belakang restoran cepat saji McDonald Watugong Kelurahan Ketawanggede tersimpan situs purbakala dari zaman pra sejarah. Belasan batu dari era Megalitikum yang menjadi peninggalan langka di Kota Malang dikuak oleh sejarawan dan pakar arkeologi Universitas Negeri Malang, M Dwi Cahyono, Rabu (10/10).

Suasana hari masih panas ketika M Dwi Cahyono menjejakkan kaki di halaman depan McDonald Watugong Kelurahan Ketawanggede Dinoyo. Restoran cepat saji itu sendiri tampak sibuk. Bangunan modern yang mengemas makanan franchise dari Amerika Serikat ini tampak disibukkan oleh pelanggan, kebanyakan kalangan mahasiswa.

Tetapi, Dwi, sapaan akrabnya, ternyata tidak masuk ke dalam restoran modern ini. Ia malah ngeloyor ke halaman parkir belakang restoran. Sejenak, Dwi berhenti dan langsung menunjuk sebuah bangunan kecil yang terletak di pojok lahan. “Lihat, itu kelihatan puncak bangunannya yang agak kuno,” seru Dwi kepada awak media.

Ternyata, bangunan berukuran sekitar 5 x 5 meter tersebut mengurung situs Ketawanggede atau sering disebut Watugong oleh warga setempat. Diduga sudah ada sejak zaman perundagian, situs ini berisi antara lain dua buah yoni tanpa lingga, potongan atap miniatur candi, balok batu, pelandas tiang, dan beberapa muka-muka batu yang mirip gong gamelan.

SIAPA sangka di belakang restoran cepat saji McDonald Watugong Kelurahan Ketawanggede tersimpan situs purbakala dari zaman pra sejarah. Belasan batu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News