Ditinggal Sipir Demo, 18 Napi Kabur

Ditinggal Sipir Demo, 18 Napi Kabur
Ditinggal Sipir Demo, 18 Napi Kabur
JAYAPURA-  Sebanyak 18 Narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) Abepura kabur, saat ditinggal lima penjaga Lapas mengikuti aksi demonstrasi. Ke lima penjaga Lapas yang sedang bertugas itu, mengikuti aksi demo menentang pelantikan Kalapas Abepura yang baru.  "Sebenarnya, ada tujuh penjaga yang sedang bertugas hari itu. Namun, lima penjaga lainnya bolos mengikuti aksi demo menolak Kalapas baru, sehingga tinggal dua petugas saja yang menjaga Lapas,"  Kapolresta Jayapura Imam Setiawan kepada Wartawan di Jayapura.

Aparat keamanan langsung mengejar ke 18 napi yang kabur dari Lapas kelas IIA itu. "Petugas kami langsung menyisir tempat-tempat yang diduga akan digunakan para napi untuk persembunyian," kata Imam Setiawan menambahkan. Selain melakukan pengejaran,  pihaknya telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Lapas Abepura, sekaligus untuk mengetahui apakah kaburnya 18 Napi dan tahanan itu ada unsur-unsur kesengajaan atau tidak.

 Terkait hal itu, sejak Selasa (4/5) pagi, Polresta Jayapura menyiagakan 1 SST Dalmas di sekitar LP Abepura. Kapolresta menjelaskan, kaburnya 18 penghuni Lapas Abepura dilakukan dengan cara memanjat Pos Pantau (Pos B) yang berada di paling sudut belakang penjara.  "Mereka memanjat Pos yang tingginya sekitar 5 meter dengan menggunakan kain yang sudah disambung. Sebelumnya mereka merusak gembok pintu pos tersebut dengan besi beton," ungkapnya.  Dikatakan, di dalam pos panjat itu,  ditemukan beberapa sandal para tahanan dan Napi yang tertinggal.

 Kapolresta menduga, kaburnya para penghuni Lapas tersebut diduga ada indikasi kerjasama dengan dua sipir yang saat itu sedang bertugas piket atau jaga.

  "Seharusnya ada 7 sipir yang setiap harinya piket dan menempati pos-pos jaga tersebut, tetapi 5 orang sipir lainnya saat itu ikut melakukan unjuk rasa menolak pelantikan Kalapas Abepura yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua," katanya.

JAYAPURA-  Sebanyak 18 Narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) Abepura kabur, saat ditinggal lima penjaga Lapas mengikuti aksi demonstrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News