Ditjen Dukcapil Kembali Raih Penghargaan Lewat Inovasi Tanda tangan Elektronik

Ditjen Dukcapil Kembali Raih Penghargaan Lewat Inovasi Tanda tangan Elektronik
Tangkapan layar MenPAN-RB Tjahjo Kumolo saat mengumumkan KIPP 2021. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri kembali meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

KemenPAN-RB tahun meraih penghargaan atas penerapan inovasi tanda tangan elektronik atau D’SIGN (Dukcapil Digital Signature).

D’SIGN diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 yang diselenggarakan KemenPAN-RB, dan berhasil masuk Top 45 Inovasi dari sekitar 20 ribuan inovasi lainnya.

Penghargaan Top 45 Inovasi tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro, mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (9/11).

Hadir mendampingi Suhajar, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Zudan mengatakan penerapan inovasi D’SIGN pada dasarnya diawali oleh keinginan untuk meningkatkan kemudahan dan kecepatan layanan dukcapil bagi seluruh masyarakat.

“Setelah kami kaji ternyata penyebab lamanya proses administrasi kependudukan disebabkan masih menggunakan tanda tangan basah secara manual dan cap, sehingga pejabat dukcapil di daerah harus selalu berada di kantor."

"Padahal, pejabatnya harus mobile untuk berbagai kegiatan seperti jemput bola, maupun rapat-rapat dengan berbagai OPD,” ungkap Zudan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri kembali meraih penghargaan lewat inovasi tanda tangan elektronik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News