Ditjen PSP Kementan Gencarkan Program Serasi

Ditjen PSP Kementan Gencarkan Program Serasi
Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan menggelar Workshop Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pengawalan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani. Foto: Kementan

jpnn.com, BANJARMASIN - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Workshop Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pengawalan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi). Workshop digelar Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin selama 3 hari pada 3-5 April 2019.

Dirjen PSP Sarwo Edhy mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk melakukan analisis dan menyusun metode serta penerapan Sistem Pengendalian (SPIP) dan Pengawalan Program #Serasi.

"Selanjutnya akan menjadi panduan dalam pengawalan unit kerja dalam melaksanakan Program #Serasi," ujar Sarwo Edhy saat membuka workshop.

Program #Serasi merupakan salah satu program prioritas Kementan dalam pengembangan lahan rawa (pasang surut/lebak).

Saat ini sedang dan akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

"Serasi untuk kesejahteraan petani dengan tetap memperhatikan fungsi pelestarian lingkungan sebagai sumber penghasil bahan pangan," ujarnya.

Kementerian Pertanian (Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan) akan melaksanakan fasilitasi berupa penyiapan infrastruktur dan penyediaan sarana produksi sehingga mampu meningkatkan IP dan produktivitas di lahan rawa.

"Keberhasilan program pengembangan lahan rawa ini harus didukung tidak hanya pengelolaan secara fisiknya saja, namun juga harus didukung oleh proses pengawalan dan pendampingan yang baik. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengendalian yang baik pula sehingga mutu kegiatan dapat terkontrol dan output serta sasaran program dapat tercapai," papar Sarwo Edhy.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Workshop Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pengawalan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News