Ditjen Udara Usut Penumpang yang Masuk ke Pesawat Lion Air Tanpa Tiket

Ditjen Udara Usut Penumpang yang Masuk ke Pesawat Lion Air Tanpa Tiket
Lion Air. Foto Ilustrasi/dok JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan hari ini, Selasa (6/6) menurunkan tim dari Direktorat Keamanan Penerbangan ke Bandara Kualanamu, Deli Serdang untuk mengusut peristiwa masuknya orang tidak dikenal (non penumpang) ke dalam pesawat Lion Air.

Tim yang terdiri dari inspektur keamanan penerbangan tersebut akan melakukan investigasi kepada operator bandara dan maskapai penerbangan serta pelakunya.

"Kami hari ini telah mengirimkan tim inspektur Direktorat keamanan penerbangan untuk melihat titik lemah keamanan dan bagaimana oknum tersebut bisa masuk terminal bandara dan pesawat. Juga akan diinvestigasi apakah ada kelalaian personal di lapangan atau tidak," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso.

Agus menyayangkan peristiwa masuknya orang non penumpang tersebut ke dalam pesawat mengingat pengamanan di bandara harus ketat.

Menurutnya, keamanan penerbangan juga berpengaruh kepada keselamatan penerbangan dan kenyamanan penumpang. Bila keamanan di darat tinggi, keselamatan penerbangan juga lebih terjamin dan penumpang akan lebih nyaman. Untuk itu, keamanan penerbangan harus selalu dijaga dan ditingkatkan.

Terkait kejadian ini, Agus tidak segan memberikan sanksi kepada personil di lapangan bila dari hasil investigasi terbukti melakukan kesalahan. Baik itu dari pihak pengelola bandara maupun maskapai penerbangan.

"Setiap personil penerbangan sudah tersertifikasi sesuai kompetensi masing-masing. Mereka harus menjalankan tugasnya sesuai SOP. Jika dilanggar maka akan dikenakan sanksi," tandas Agus.(chi/jpnn)


Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan hari ini, Selasa (6/6) menurunkan tim dari Direktorat Keamanan Penerbangan ke Bandara


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News