Ditunjuk Anies Kelola TIM, Jakpro Akui Tidak Mengerti Seni

Ditunjuk Anies Kelola TIM, Jakpro Akui Tidak Mengerti Seni
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Darwoto (tengah) di kantornya Thamrin City, Senin (25/11/2019). Foto: ANTARA/Livia Kristianti

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Darwoto mengaku pihaknya tidak menguasai bidang kesenian seperti para seniman di Taman Ismail Marzuki (TIM). Padahal, Gubernur Anies Baswedan sudah menunjuk BUMD tersebut sebagai pengelola TIM.

Pernyataan itu diungkapkannya ketika menanggapi para seniman Taman Ismail Marzuki yang mengatakan pihak pengembang yang ditunjuk oleh pemprov tidak mengerti kesenian.

"Kami tidak akan mengelola ranah seninya seolah-olah semua dikuasai Jakpro, kami sadar Jakpro tidak punya kemampuan untuk itu," kata Dwi saat ditemui di kantornya di Thamrin City, Senin (25/11).

Dwi menjelaskan, tugasnya dalam revitalisasi kawasan TIM hanya sebagai pengelola untuk sarana dan prasarana di pusat kesenian itu.

"Kami hanya bagian kecilnya, sebagai Satuan Pelaksana Sarana dan Prasarana. Itu pun mungkin hanya sebagian yang dikelola oleh Jakpro. Kami tidak masuk ke ranah kesenian, ataupun promosi dan pemasaran seni," ujar Dwi.

Jakpro sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI ditunjuk langsung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI sebagai pihak yang bertanggung jawab merevitalisasi TIM hingga perawatannya pascarevitalisasi selama 28 tahun.

Nantinya pascarevitalisasi selesai, Jakpro mengusulkan agar urusan infrastruktur dan pengelolaan gedung dilakukan oleh pihaknya sedangkan untuk kesenian dan promosi dilakukan oleh Dewan Kesenian Jakarta bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI. "Jadi Jakpro hanya mengelola infrastrukturnya," kata Dwi.

Diketahui para seniman TIM menolak adanya pembangunan hotel dalam revitalisasi kawasan pusat kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang akan dikelola oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Darwoto mengaku pihaknya tidak menguasai bidang kesenian seperti para seniman di Taman Ismail Marzuki (TIM)

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News