Diusulkan, Deklarasi Damai di Akhir Kampanye

Diusulkan, Deklarasi Damai di Akhir Kampanye
Diusulkan, Deklarasi Damai di Akhir Kampanye
JAKARTA – Sejumlah anggota Komisi II DPR mempertanyakan pengunduran jadwal deklarasi kampanye damai  para pasangan capres-cawapres, yang sedianya pada 2 Juni diundur menjadi 10 Juni 2009. Deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan di pertengahan masa kampanye, dinilai kurang efektif.  Anggota Komisi II DPR Ferry Mursidan Baldan mengusulkan agar deklarasi kampanye damai dilakukan di pengujung masa kampanye pilpres, yakni pada 4 Juli mendatang.

“Kampanye kan sudah berjalan. Kok deklarasi kampanye damai akan dilakukan pertengahan masa kampanye. Tidak ada logikanya deklarasi kampanye damai dilakukan di pertengahan masa kampanye. Lebih baik di akhir masa kampanye saja sekalian,” kata Ferry Mursidan saat rapat kerja Komisi II DPR dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Senayan, Senin (8/6).

Menurut Ferry, deklarasi kampanye damai di pengujung masa kampanye malah ada manfaatnya. “Bisa menjadi semacam kesepakatan untuk colling down, setelah kampanye,” usulnya. Sejumlah anggota Komisi II DPR yang lain mencurigai, pengunduran jadwal kampanye damai itu karena KPU menyesuaikan dengan jadwal Susilo Bambang Yudhoyono yang pada 2 Juni lalu sedang berada di Korea Selatan. Pengunduran jadwal itu juga dinilai sebagai bukti bahwa KPU memang tidak ketat menjadwalkan program-programnya.

Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menjelaskan, ditundanya jadwal kampanye karena bila dilakukan pada 2 Juni 2009, para tim sukses dari ketiga pasangan capres-cawapres menyatakan ketidaksiapannya. Saat itu, malah ada usulan dari tim sukses salah seorang pasangan capres-cawapres, bila tetap dilakukan pada 2 Juni, maka capres-cawapres tidak bisa hadir dan hanya akan dihadiri tim suksesnya. “Ya mana mungkin hanya dihadiri timnya. Kalau deklarasi kampanye damai, ya harus capres-cawapresnya hadir langsung. Ya daripada hanya dihadiri timnya, lebih baik diundurkan saja,” ujar Abdul Hafiz.

JAKARTA – Sejumlah anggota Komisi II DPR mempertanyakan pengunduran jadwal deklarasi kampanye damai  para pasangan capres-cawapres, yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News