Djarot: Bangsa Indonesia Bisa Menunjukkan Jati Diri dan Karakter Lewat Pancasila

Djarot: Bangsa Indonesia Bisa Menunjukkan Jati Diri dan Karakter Lewat Pancasila
Masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Cinta Pancasila memperingati Hari Lahir Pancasila. Foto: Dokumentasi Gerakan Cinta Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak lebih dari 30 seniman jalanan berkumpul dengan memenuhi prosedur kesehatan di pelataran parkir Basket Hall di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini.

Acara ini digelar oleh sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Cinta Pancasila.

Berawal dari sebuah pertemuan terbatas membahas pentingnya terus menghidupkan semangat dan membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan di Jakarta Selatan pada 30 Mei 2021 lalu, ide untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada hari ini muncul dan segera direncanakan.

Salah satu penggagas Gerakan Cinta Pancasila Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa gerakan dan acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Senayan pada hari ini merupakan salah satu wujud nyata dari Pancasila dalam tindakan.

“Acara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama teman-teman pengamen jalanan ini baru muncul idenya saat pertemuan pada 30 Mei 2021 lalu. Persiapan acara dilakukan dengan sangat kilat, tapi acara ini dapat terlaksana pada hari ini berkat gotong royong teman panitia yang bekerja sama tanpa memandang perbedaan yang mereka miliki, baik suku, agama, ras, dan golongan,” kata Djarot.

Menurutnya, membumikan nilai-nilai luhur Pancasila, dasar negara Indonesia, merupakan sebuah langkah yang kian dibutuhkan dalam derasnya paham trans-nasional yang masuk dan tampak menguat.

“Saat ini kita menghadapi persaingan global. Tak hanya dalam ekonomi dan politik, tapi juga ideologi. Masuknya ideologi-ideologi trans-nasional yang bertentangan dengan Pancasila, harus bisa kita jawab. Bagaimana menjawabnya? Dengan menunjukkan jati diri dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia. Bahwa kita punya Pancasila, dan paling cocok dengan bangsa Indonesia, karena digali oleh Bung Karno dari nilai-nilai luhur yang dimiliki nenek moyang kita sejak zaman dahulu kala,” katanya.

Acara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama seniman jalanan ini diisi beragam acara musik dan pembacaan puisi, dipandu pembawa acara ternama Ida Arimurti dan Sonny Tulung.

Bangsa Indonesia harus menunjukkan jati diri dan karakter lewat Pancasila yang telah digali Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News