Sabam Sirait: Jangan Tanggung-tanggung Kalau Bela Pancasila

Sabam Sirait: Jangan Tanggung-tanggung Kalau Bela Pancasila
Sabam Sirait (kiri) bersama Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh warga negara harus bisa lebih memahami, mengahayati, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Di saat yang sama, dalam menjaga Pancasila juga harus benar-benat total.

“Mari jaga Pancasila. Jangan tanggung-tanggung kalau bela Pancasila,” kata politisi senior Sabam Sirait saat diwawancara terkait dengan kelahiran Pancasila, Senin (31/5)).

Sabam yang sudah berpolitik sejak zaman Bung Karno hingga Presiden Joko Widodo, mengingatkan semua pihak untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai momentum bersama-sama menjaga persatuan dan toleransi.

"Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pancasila mempersatukan pulau-pulau, agama, dan suku bangsa Indonesia," kata mantan anggota DPR RI yang saat ini menjadi senator dari DKI Jakarta.

Sabam pun menekankan agar Pancasila bukan semata-mata sekadar diucapkan, tetapi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Pengamalan Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti bagi para PNS, pejabat, dan aparatur negara.

"Dengan tidak korupsi saja, sudah merupakan bagian dari pengimplementasian nilai-nilai Pancasila," kata penerima Bintang Mahaputra Utama dari negara ini.

Sabam Sirait mengingatkan semua pihak untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai momentum menjaga persatuan dan toleransi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News