Jokowi Sempat Berikan Perhatian, Ganjar Pranowo Langsung Dikoordinasi

Jokowi Sempat Berikan Perhatian, Ganjar Pranowo Langsung Dikoordinasi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa terjadi lonjakan keterisian ruang rumah sakit di sejumlah daerah, khususnya Jawa Tengah.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan memberikan atensi terhadap peningkatan keterisian rumah sakit di Jawa Tengah. Pemerintah pun langsung menghubungi Gubernur Ganjar Pranowo.

Secara khusus, lanjut dia, Presiden Jokowi sempat menanyakan laporan kasus di Kudus, Jawa Tengah, yang belakangan mengalami peningkatan luar biasa baik dari sisi kasus konfirmasi maupun pasien yang masuk rumah sakit.

Budi memastikan pihaknya telah menindaklanjuti dengan menyalurkan pasien ke rumah sakit di daerah sekitar Kudus dan ke ibu kota provinsi di Semarang.

"Kami terus berkoordinasi dengan pak gubernur, juga pasien-pasien yang tadi yang berasal dari daerah sekitar Kudus seperti Pati kemudian Sragen, itu juga kami arahkan ke rumah sakit-rumah sakit lain di luar Kudus," kata dia dalam konferensi pers bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala BNPB Ganip Warsito di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (31/5) setelah rapat dengan Jokowi.

Budi melanjutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah menindaklanjuti hal tersebut dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Diharapkan apa yang terjadi di Kudus bisa diisolasi dan tidak menyebar ke daerah lain di Jawa Tengah.

"Kami sekarang juga sudah minta sampel untuk dilakukan genome sequencing, apakah lonjakan yang ada di Kudus ini disebabkan oleh adanya mutasi baru," lanjutnya.

Presiden Jokowi memberikan atensi terhadap peningkatan keterisian rumah sakit di Jawa Tengah. Pemerintah pun langsung menghubungi Gubernur Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News