Djarot Saiful Hidayat Sangat Percaya Diri, Partai Lain Tak Ada yang Seperti Ini

Djarot Saiful Hidayat Sangat Percaya Diri, Partai Lain Tak Ada yang Seperti Ini
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat meyakini pelaksanaan Pendidikan Kader Nasional (PKN) untuk jajarannya bisa menjawab kritikan publik terhadap partai politik. 

Djarot sangat percaya diri bahwa aksi yang dilakukan PDIP bisa menjawab anggapan parpol tak melaksanakan fungsinya menyiapkan calon pemimpin bangsa baik di pusat dan daerah.

"PDI Perjuangan menjawab berbagai kritikan yang menyebut kebanyakan partai politik tidak melakukan kaderisasi. Kami konsisten, sebelum yang lain, kami telah lebih dulu menggelar sekolah partai cakada dan caleg, kaderisasi berjenjang secara terus menerus,” ujar Djarot saat membuka PKN di Sekolah Partai DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (15/11).

Menurut Djarot, PDIP bahkan menunjukkan berbeda dengan yang lain, karena konsisten melaksanakan kaderisasi dengan cara yang modern. 

"PDIP sebagai partai pelopor dikelola secara modern. Pendidikan kader terus menerus dan berkelanjutan. Sebelum pelaksanaan PKN, telah dilakukan sekolah partai calon kepala daerah, ToT guru kader, dan ToT kader tingkat madya," tambahnya.

Anggota DPR itu menyatakan PDIP menjalankan tiga fungsi utama partai politik, yakni rekrutmen, pendidikan, serta penugasan atau penempatan kader.

"Ini bentuk soliditas partai kami yang sehat. Banyak kepala daerah dan menteri dari internal PDI Perjuangan yang diakui kepemimpinannya," ucapnya. 

Eks wali kota Blitar itu juga memastikan kaderisasi PDIP bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kader dalam pemahaman ideologi. 

Djarot Saiful Hidayat meyakini pelaksanaan Pendidikan Kader Nasional untuk jajarannya bisa menjawab kritikan publik terhadap partai politik. Menurut dia, tak ada parpol lain yang melakukan kaderisasi modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News