JPNN.com

Djoko Tjandra Tertangkap, Jangan Sampai Giliran Sipir Lapas Dirusak

Jumat, 31 Juli 2020 – 10:01 WIB
Djoko Tjandra Tertangkap, Jangan Sampai Giliran Sipir Lapas Dirusak - JPNN.com
Didik Mukrianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengapresiasi keberhasilan Polri menangkap Djoko Tjandra yang sudah 11 tahun berstatus buron kasus hak tagih Bank Bali.

Namun, Politikus Partai Demokrat itu berharap Polri juga menangkap para buron lainnya, termasuk Harun Masiku.

"Seperti tertangkapnya Djoko Tjandra, mestinya Presiden harus mempunyai politicall will yang kuat dan memerintahkan para aparatnya agar para buron yang lain termasuk Harun Masiku bisa tertangkap," ucap Didik kepada jpnn.com, Jumat (31/7).

Menurut Didik, banyak kerusakan sistem, aparat dan institusi yang berpotensi terjadi akibat perilaku seorang Djoko Tjandra.

Karenanya dia mengingatkan Kemenkumham khususnya Dirjen Lapas untuk waspada dan berhati-hati agar tidak menimbulkan daya rusak baru di Lapas.

Demikian juga, Mahkamah Agung harus arif dan bijaksana dalam memproses peninjauan kembali (PK) yang diajukan pria yang beken disapa dengan Joker itu.

"Mudah-mudahan sistem hukum termasuk Mahkamah Agung tidak menjadi target kerusakan berikutnya oleh Djoko Tjandra," harap ketua Departemen Hukum dan HAM DPP Partai Demokrat ini.

Dengan tertangkapnya Djoko Tjandra dan belajar dari apa yang dilakukannya, kata Didik, sekarang kesempatan bagi pemerintah untuk menggali dan memastikan kepada yang bersangkutan tentang rusaknya sistem, aparat dan sarana kelembagaan yang dikendalikan atau setidak-tidaknya dipergunakan untuk melakukan kejahatan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo