DKI Bakal Cabut Subsidi BBM

DKI Bakal Cabut Subsidi BBM
DKI Bakal Cabut Subsidi BBM

jpnn.com - SEGALA upaya dicari Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan  di ibukota, diantaranya melakukan pembatasan penggunaaan kendaraan pribadi.  Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi ini, selain menerapkan jalan elektronik berbayar atau electronic road pricing (ERP), Pemprov juga akan menerapkan pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) di DKI Jakarta.

“Kita mau planning subsidi BBM dicabut dari DKI. Sehingga pengguna kendaraan pribadi harus merogoh kocek lebih mahal lagi bila menggunakan kendaraan pribadi di Jakarta,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/12).

Pejabat yang akrab disapa Ahok itu akan mengajukan surat kepada Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik untuk menghentikan suplai bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke DKI Jakarta. "Kita akan meminta kepada menteri ESDM untuk menghentikan suplai bbm bersubsidi di Jakarta," ujarnya.

Dengan dihilangkannya BBM bersubsidi dari Jakarta, diharapkannya, langkah ini akan benar-benar mengurangi kemacetan. Pasalnya program Pemerintah Pusat mengenai mobil murah yang tidak akan menggunakan BBM bersubsidi tidak terjadi di lapangan.

"Ini akan mengurangi kemacetan. Tambah lagi akses jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor. Itu mobil murah katanya nggak mau pake bbm bersubsidi, tapi nyatanya di lapangan seperti apa? Sama aja," ucapnya.

Namun penerapan kebijakan tersebut belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Pemprov DKI menginginkan armada bus Transjakarta dan armada bus angkutan umum dalam jumlah yang cukup untuk melayani warga Jakarta.

“Rencana ini akan kita terapkan setelah bus seperti transjakarta dan bus umum cukup. Setelah cukup, ya tinggal kita cabut saja sudsidinya. Memang pengguna kendaraan pribadi bisa isi BBM di Bekasi, Depok atau Tangerang, ya nggak apa-apa. Tapi nanti jalur motor juga dibatasi, supaya dia parkir terus naik bus,” tukasnya.

Kemungkinan akan terjadinya penolakan dari para pemilik pengisian BBM dibantah Ahok. Alasannya sangat sederhana, karena mereka hanya jualan saja. "Mereka kan cuman jualan, nggak ada masalah dengan hilangnya BBM,” ungkapnya. (pes/wok)


SEGALA upaya dicari Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan  di ibukota, diantaranya melakukan pembatasan penggunaaan kendaraan pribadi. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News