Gubernur Banten Berhalangan, Pelantikan Wali Kota Tangerang Ditunda

Gubernur Banten Berhalangan, Pelantikan Wali Kota Tangerang Ditunda
Gubernur Banten Berhalangan, Pelantikan Wali Kota Tangerang Ditunda

jpnn.com - TANGERANG- Pelantikan Wali Kota Tangerang terpilih, Arief R Wismansyah dan wakilnya, Sachrudin hingga kini belum jelas. Semula dijadwalkan pelantikan pasangan pemenang Pemilukada Kota Tangerang 2013 itu akan digelar di Plaza Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Minggu (15/12) besok.

Namun jadwal tersebut diundur lantaran Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah yang akan melantik pasangan Arief R Wismansyah-Sachrudin berhalangan hadir. Ketua DPRD Kota Tangerang, Herry Rumatine mengatakan pelantikan Wali Kota Tangerang ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.
     
Dia menjelaskan, sedianya pelantikan pasangan Arief-Sachrudin akan digelar Minggu (15/12) besok, berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Tangerang. ”Tapi pelantikan ditunda karena Gubernur Ratu Atut Chosyiah berhalangan,” terangnya kepada INDOPOS, kemarin (13/12).   

Padahal, menurut Herry juga, berdasarkan informasi yang diterima dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), SK pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang sudah turun, Kamis (12/12) lalu. Staf DPRD Kota Tangerang didampingi bagian hukum Pemkot Tangerang awalnya ingin mengambil SK tersebut.

Namun, permintaan itu tidak dikabulkan Kemendagri lantaran yang berhak mengambil SK itu pihak Provinsi Banten. Dengan dasar itu, Pemkot Tangerang berkoordinasi dengan Provinsi Banten menanyakan kesiapan Gubernur Banten melantik pasangan Wali Kota Tangerang terpilih.  

”Saat itu, jawaban Gubernur Banten siap kapan pun. Sehingga kami langsung rapat Bamus. Dijadwalkan pelantikan digelar Minggu (15/12),” ujar politisi Partai Demokrat itu. Herry juga menjelaskan berdasarkan usulan eksekutif,  pelantikan tidak dilaksanakan di gedung DPRD Kota Tangerang.

Tapi di halaman Plaza Puspemkot Tangerang dengan pertimbangan undangan yang hadir bisa lebih banyak. ”Karena tidak bisa hadir dalam pelantikan Minggu (15/12) yang telah direncanakan, Gubernur Banten meminta pelantikan ditunda jadi Senin (16/12),” papar Herry lagi.

Tapi, ujar Herry juga, permintaan itu tidak mungkin dipenuhi. ”Kami tidak bisa memindahkan hari pelantikan begitu saja. Karena tatib (tata tertib, Red) dewan sebelum digelar Sidang Paripurna Pelantikan Wali Kota Tangerang harus digelar Bamus dulu,” cetus pria berdarah Ambon ini.

Saat ditanya apakah ada kesengajaan mengulur-ngulur waktu proses pelantikan Wali Kota Tangerang yang baru" Herry Rumatine mengatakan tidak berpikiran ke arah sana. Tapi pastinya, kata Herry juga, pihak Gubernur Banten memahami kondisi Kota Tangerang yang tidak memiliki kepala daerah definitif.

TANGERANG- Pelantikan Wali Kota Tangerang terpilih, Arief R Wismansyah dan wakilnya, Sachrudin hingga kini belum jelas. Semula dijadwalkan pelantikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News