DKI Jakarta Raih 4 Penghargaan Ketenagakerjaan dalam INTEGRA

DKI Jakarta Raih 4 Penghargaan Ketenagakerjaan dalam INTEGRA
Menaker Hanif Dhakiri bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di INTEGRA 2018. Foto: Humas Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pencapaian pembangunan ketenagakerjaan di masing-masing daerah.

Ada 19 kategori penghargaan yang diserahkan Kementerian Ketenagakerjaan kepada 13 pemerintah daerah dalam acara Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2018 (INTEGRA 2018) ini. Pemprov DKI menjadi primadona setelah mendapat penghargaan untuk 4 kategori.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri di Ruang Tridharma Kemnaker, Jakarta pada Hari Senin (19/11). Turut hadir Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), serta sejumlah kepala daerah lainnya.

"Penganugerahan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah (pusat) kepada gubernur, bupati, dan walikota yang memiliki prestasi di bidang ketenagakerjaan," kata Menteri Hanif dalam sambutannya.

Kepada para kepala daerah, Menteri Hanif mengingatkan bahwa Indonesia tengah menghadapi tantangan besar dalam bidang ketenagakerjaan. "Salah satunya, era desrupsi ekonomi yang dipengaruhi perkembangan teknologi yang cepat dan masif," kata Hanif.

Hanif pun meminta kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih pada isu ketenagakerjaan, terutama penguatan akses pegembangan SDM. Apalagi saat ini angkatan kerja Indonesia masih didominasi lulusan SD-SMP hingga 58 persen.

Oleh karenanya, kata Hanif, ada 2 hal yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Yaitu memastikan angkatan kerja memiliki skill yang baik dan memastikan skill-nya cepat berubah.

"Pemerintah-pemerintah di daerah perlu memastikan agar SDM di daerahnya tidak hanya kesempatan untuk memiliki skill, tapi juga kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sesuai perkembangan zaman," pinta Hanif.

INTEGRA 2018 merupakan ajang penghargaan kepada daerah-daerah di Indonesia yang berhasil meraih nilai tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News