DKP Perkuat Armada Laut

DKP Perkuat Armada Laut
DKP Perkuat Armada Laut

jpnn.com - JAKARTA – Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) memastikan dalam tahun 2009 ini menambah 2 kapal inpeksi pengawasan laut masing-masing Hiu Macan Tutul 001 berukuran 42 meter (terbuat dari besi) senilai Rp28,5 miliar dan Hiu Macan Tutul 009 ukuran 36 meter (terbuat dari fiber) senilai Rp17,5 miliar.


“Pengadaan dua kapal patroli itu sudah sangat mendesak guna mengantisipasi potensi kerugian pendapatan negara di wilayah Timur Indonesia sekitar Rp700 miliar, berasal dari sumberdaya kelautan dalam tahun 2009 ini,” kata Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, DKP, Aji Sularso, di Jakarta, Selasa (13/1).


Hiu Macan Tutul 001 akan ditugaskan di perairan timur Indonesia, sedangkan Hiu Macan Tutul 009 di perairan barat Indonesia dan sumber pembiayaan dua unit kapal patroli tersebut berasal dari APBN 2008, ujar Aji Sularso.


Dalam tahun-tahun mendatang, lanjutnya, DKP juga sudah mematangkan rencana proyek pengadaan kapal patroli dengan untuk lebih memperkuat Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) dengan kapasitas dan teknologi yang lebih memadai.


JAKARTA – Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) memastikan dalam tahun 2009 ini menambah 2 kapal inpeksi pengawasan laut masing-masing Hiu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News