Dokter Jack Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk COVID-19

Dokter Jack Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk COVID-19
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dr Lalu Herman Mahaputra. ANTARA/Nur Imansyah

jpnn.com, MATARAM - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat dr Lalu Herman Mahaputra menyatakan kesiapan rumah sakit dan tenaga medis dalam menghadapi kemungkinan terburuk menyusul masuknya varian baru COVID-19 dari India ke wilayah itu.

"Semua planing sudah kami siapkan untuk menghadapi kemungkinan yang ada," ujarnya di Mataram, Jumat.

Dia mengatakan saat ini RSUD Provinsi sudah ditingkatkan fasilitasnya dengan daya tampung tempat tidur ICU isolasinya menjadi 100 tempat tidur.

"Ini juga baru terisi 20 persen," terangnya.

Oleh karena itu, dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk juga pihaknya telah membangun koordinasi dan kolaborasi bersama rumah sakit lain.

"Yang penting jangan panik. Berikan kesempatan kepada pihak kesehatan untuk menangani ini dengan baik. Masyarakat waspada dan tetap taat aturan," ucap dr Jack sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, saat ini yang paling utama mengoptimalkan isolasi mandiri terpadu. artinya kalau sakit harus dirawat di RS.

"Tetapi yang terkonfirmasi PCR positif maka harus dilindungi supaya tidak bergejala," katanya.

Kesiapan rumah sakit dan tenaga medis dalam menghadapi kemungkinan terburuk menyusul masuknya varian baru COVID-19 dari India.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News