Dokter Ogah Ditugaskan di Puskesmas Terpencil

Dokter Ogah Ditugaskan di Puskesmas Terpencil
Dokter Ogah Ditugaskan di Puskesmas Terpencil

JAKARTA – Formasi untuk 3.000 dokter yang ditawarkan pemerintah dalam pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 yang akan ditempatkan di puskesmas daerah terpencil, kurang diminati. Pada awalnya, pelamarnya memang mencapai tiga ribu.
 
“Tetapi banyak pelamar yang tidak melampirkan surat kesediaannya untuk ditempatkan di puskesmas terpencil selama lima tahun,” ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja kepada wartawan di kantornya, Selasa (07/01).
 
Sesuai kesepakatan dengan Kementerian Kesehatan, pemerintah mengalokasikan 3.000 formasi untuk dokter PNS untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil dan terluar, serta daerah yang kurang diminati. Untuk formasi ini tidak melalui tes kompetensi dasar seperti CPNS bidang lain.
 
Untuk menentukan daerah terpencil sesuai dengan rekomendasi atau ditetapkan oleh masing-masing pemerintah daerah, karena daerah yang paling tahu wilayahnya yang tergolong terpencil.  

“Jangan sampai dianggap daerah terpencil, tetapi ternyata ditempatkan di kota,” ujarnya.
 
Dikatakan, kehadiran dokter sangat diperlukan untuk ditempatkan di puskesmas daerah terpencil dan bersedia mengabdi setidaknya selama 5 tahun. Pemerintah memperhatikan gaji sesuai standar PNS.

“Daerah bisa juga memberikan insentif sesuai peraturan perundang-undangan, misalnya memberikan tunjangan kesejahteraan lainnya,” tambah Setiawan. (sam/jpnn)

 


JAKARTA – Formasi untuk 3.000 dokter yang ditawarkan pemerintah dalam pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 yang akan ditempatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News