Dokter Spesialis Klaim Cara ini bisa Mengatasi Gangguan Tidur

Dokter Spesialis Klaim Cara ini bisa Mengatasi Gangguan Tidur
Ilustrasi seseorang mendapatkan penanganan akupuntur (Pexels)

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis akupunktur medik di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Darwin Harpin mengklaim, akupunktur medik bisa mengatasi gangguan tidur, di antaranya masalah mendengkur.

Menurutnya, stimulasi ke titik akupunktur akan dikirim ke tulang belakang, kemudian ke organ-organ sesuai segmen tulang belakang yang akhirnya dapat sampai ke otak.

"Akupunktur dapat mengaktivasi otak untuk dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas, seiring dengan meningkatnya hormon endorfin yang berperan dalam memberikan energi positif serta efek penenangan bagi tubuh," kata dia dalam siaran pers RSUI.

Terapi akupunktur dalam mengatasi gangguan tidur dapat dilakukan dalam durasi sekitar 30 menit dengan frekuensi 2-3 kali per minggu, yang nantinya akan dilakukan evaluasi setiap kedatangan untuk menyesuaikan modalitas terapi.

Ada metode akupresur yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Yaitu, metode stimulasi titik akupunktur menggunakan tekanan, misalnya dengan bantuan ibu jari.

Beberapa titik akupresur yakni ada pada titik EX-HN3 atau pertengahan kedua alis, GV20 (titik puncak kepala), serta titik HT7 dan PC6 (sekitar pergelangan tangan).

Darwin menuturkan, akupresur ke sejumlah titik di tubuh, pada beberapa penelitian kedokteran telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala gangguan tidur.

Dokter spesialis mengklaim cara ini dapat mengatasi gangguan tidur, ada kok yang bisa dicoba di rumah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News