JPNN.com

Dokter Terawan Sampaikan Tiga Arahan Jokowi Hadapi Pandemi Covid-19

Jumat, 30 Oktober 2020 – 19:06 WIB
Dokter Terawan Sampaikan Tiga Arahan Jokowi Hadapi Pandemi Covid-19 - JPNN.com
Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) dr. Terawan Agus Putranto menyampaikan tiga arahan Presiden Joko Widodo dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Terdapat tiga arahan Bapak Presiden dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Yaitu, penurunan kasus kasus baru, peningkatan angka kesembuhan, serta penurunan angka kematian," kata Terawan saat memberikan sambutan dalam Seminar Nasional XVII Persi dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety, secara virtual, Jumat (30/10).

Menurut Terawan, saat ini juga telah ditunjuk sejumlah rumah sakit yang melayani pasien Covid-19, baik RS yang ditetapkan Kementerian Kesehatan maupun gubernur di masing-masing provinsi. Namun, ujar Terawan, dengan meningkatnya kasus Covid-19, maka perawatan juga diberikan pula oleh RS pemerintah maupun swasta lainnya.

"Kemenkes terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk terus melakukan kesiapsiagaan dalam menyiapkan kapasitas ruang isolasi untuk kesiapan perawatan pasien Covid-19," kata Terawan.

Lebih lanjut Terawan menuturkan dalam menghadapi transisi menuju adaptasi kebiasaan baru, RS harus  mampu membangun budaya baru dengan melakukan perubahan pada sistem pelayanan. "Sehingga mampu mengikuti perkembangan di masa pandemi Covid-19," tegasnya.

Ia menjelaskan tuntutan perubahan budaya hidup dengan menerapkan protokol kesehatan di semua lingkungan RS seperti menerapkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta mengimplementasikan pencegahan dan pengendalian infeksi di RS.

Menurut Terawan, peningkatan pelayanan dasar Covid-19 di RS dapat dilakukan dengan monitoring evaluasi dan rencana tindak lanjut terhadap peningkatan peningkatan pasien corona yang dilayani.

Selain itu, juga menyampaikan laporan ke Dinas Kesehatan provinsi dan Kemenkes, dengan meng-udpate SIS (sistem informasi registrasi online, sistem antrean pasien multimedia, sistem infoemasi eksekutif) atau rumah sakit online harian, penilaian dan perencanaan kapasitas dan kebutuhan logistik terhadap lonjakan kasus Covid-19 di RS masing-masing. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri