Dolar Rp 14.200, Amien Rais Singgung Jokowi Efek

Dolar Rp 14.200, Amien Rais Singgung Jokowi Efek
Amien Rais. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus melemah. Senin (21/5), nilai tukar dolar menembus angka Rp 14.200.

Mantan Ketua MPR Amien Rais menyentil janji Joko Widodo saat kampanye di pilpres 2014 lalu. Amien mengatakan, soal keinginan manusia dengan realitas di lapangan tidak klop.

"Jadi, Anda menanyakan dolar sudah di Rp 14.200, padahal dulu ketika Pak Jokowi maju sebagai presiden awal-awal bahwa banyak mengatakan akan ada Jokowi efek," kata Amien di gedung DPR, Jakarta, Senin (21/5).

Menurutnya, hal itu berarti akan ada upaya membuat dolar lebih murah dan menguat hingga Rp 10 ribu. "Itu kan maunya orang seperti itu," tegasnya.

Meskipun bukan ahli ekonomi, Amien telah belajar dari krisis moneter di masa lalu. Jika rupiah terpuruk maka masyarakat kelas menengah ke bawah maupun pedagang yang berkaitan dengan impor juga sesak napas.

"Itu implikasinya sangat berat. Jadi menurut say bukan lagi siapa ikut siapa, tapi sudah masalah bangsa," ujarnya.

Jadi, Amien berujar, persoalan ini harus betul-betul dikawal dan menjaga Jokowi sampai selesai menunaikan tugas sebagai presidennya.

"Tidak boleh diadang di tengah jalan apa pun alasannya. Karena kalau mulai goyah lagi, apa gunanya berkonstitusi," katanya. (boy/jpnn)


Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus melemah. Mantan Ketua MPR Amien Rais menyentil janji Joko Widodo saat kampanye di pilpres 2014 lalu


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News