Donald Trump Kian Tak Terbendung

Donald Trump Kian Tak Terbendung
Donald Trump. Foto : AFP

WASHINGTON – Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump makin tak terbendung untuk bertarung  memperebutkan kursi nomor satu di AS. Tentangan yang hadir padanya, termasuk surat terbuka dari 60 tokoh Partai Republik agar publik tidak mendukung dirinya ternyata tidak membawa efek apa pun.

Sabtu (5/3) waktu setempat Trump berhasil memenangkan primary di Louisiana dan kaukus di Kentucky. Dengan tambahan dua kemenangan tersebut, total sudah 12 negara bagian yang digenggam Trump. Sejauh ini, Partai Republik sudah melakukan pemungutan suara di 19 negara bagian. Trump hanya kalah di tujuh negara bagian. 

Di sisi lain, Ted Cruz juga mulai bangkit. Lawan Trump itu juga menorehkan dua kemenangan. Yaitu, kaukus di Maine dan Kansas. Hal tersebut menunjukkan bahwa di antara kandidat capres Republik yang lain, hanya Cruz yang mampu menyusul Trump. Sejauh ini, Cruz telah berhasil menang di enam negara bagian. 

Selain itu, kemenangan Cruz di Maine dan Kansas tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, meski sama-sama menang di dua negara bagian, Cruz lebih unggul. Cruz memenangi lebih banyak delegasi daripada Trump. Dengan kata lain, Cruz lebih didukung internal partai. Total, Trump telah mengoleksi 378 delegasi dan Cruz 295 orang disusul dengan Rubio yang hanya mendapat 123 orang. Kasich hanya mendapat dukungan dari 34 delegasi.

WASHINGTON – Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump makin tak terbendung untuk bertarung  memperebutkan kursi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News