Dorong Ekspor, Bea Cukai Siap jadi Mitra Strategis UMKM

Dorong Ekspor, Bea Cukai Siap jadi Mitra Strategis UMKM
Bea Cukai tak hanya menjadi garda terdepan pengawasan perdagangan negara, tetapi mitra strategis dalam mengantarkan UMKM Indonesia ke panggung global. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai tak hanya menjadi garda terdepan pengawasan perdagangan negara, tetapi mitra strategis dalam mengantarkan UMKM Indonesia ke panggung global.

Melalui ajang UMKM Week, para pelaku usaha memamerkan produknya ke masyarakat dan memahami tata cara perdagangan internasional.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan melalui sosialisasi dan materi pengenalan tugas trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai tidak hanya memaparkan peraturan dan prosedur ekspor, tetapi juga menyoroti potensi besar yang dapat diakses oleh UMKM ketika berani melangkah keluar pasar domestik.

“Semangat kami adalah menghilangkan hambatan yang mungkin dirasakan UMKM dalam berkontribusi pada ekonomi nasional. Bea Cukai hadir untuk memfasilitasi perdagangan dan membantu merambah pasar global,” ujarnya.

Di Surabaya, Bea Cukai Juanda, Bea Cukai Tanjung Perak, Bea Cukai Sidoarjo, dan Balai Laboratorium Bea Cukai (BLBC) Kelas II Surabaya, berkolaborasi memfasilitasi pertumbuhan UMKM melalui acara UMKM Week dengan menggabungkan edukasi kepabeanan dan bazar produk UMKM (9/8).

Berpusat di area selasar pelayanan Bea Cukai Tanjung Perak, para peserta UMKM Week berkesempatan menampilkan beragam produk hasil kerja UMKM kepada masyarakat luas serta menerima sosialisasi pengenalan ekspor.

Encep mengatakan bahwa ini langkah baik dalam membantu UMKM memperluas pangsa pasarnya.

“Terlebih adanya kerja sama dengan perwakilan Bea Cukai sebagai atase keuangan yang ditugaskan di manca negara seperti Singapura, Jepang, dan Brussel,” imbuhnya.

Bea Cukai tak hanya menjadi garda terdepan pengawasan perdagangan negara, tetapi mitra strategis dalam mengantarkan UMKM Indonesia ke panggung global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News