Dorong Gerakan Sertifikasi Aset Desa

Dorong Gerakan Sertifikasi Aset Desa
Dorong Gerakan Sertifikasi Aset Desa
JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Banyumas dan Cilacap mampu mendorong masyarakat desa membangun sarana pendidikan, klinik kesehatan, dan pendidikan di desa yang jumlahnya sampai ratusan.

"Sarana-sarana tersebut dibangun di atas tanah-tanah aset desa dan hibah atau wakaf dari masyarakat desa secara sukarela," ujar Budiman di Jakarta, Senin (22/7).

Anggota Komisi II DPR itu menyatakan Program PNPM secara nasional sudah hampir berakhir pada 2014 mendatang. Namun hingga menjelang berakhirnya program tersebut, seluruh sarana dan prasarana yang dibangun tersebut tidak memiliki kejelasan status hukum kepemilikannya.

Padahal menurut Budiman, sebagian besar sarana dan prasarana itu telah diserahkan kepada pemerintah desa selaku badan hukum publik di desa. "Dengan demikian tanah berikut sarana dan prasarana yang berdiri di atasnya menjadi aset desa," ucapnya.

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Banyumas dan Cilacap mampu mendorong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News