Senin, 19 November 2018 – 21:13 WIB

Dorong Kenaikan Rendemen

Kamis, 13 September 2018 – 22:27 WIB
Dorong Kenaikan Rendemen - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Di musim giling tahun ini, pabrik gula mendorong adanya peningkatan rendemen. Jika dilihat rata-rata, rendemen per Agustus 2018 di 16 pabrik gula yang dikelola PTPN XI sebesar 7,21 persen. Angka itu naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 6,64 persen. 

Direktur Komersial PTPN XI Sucipto Prayitno mengatakan, perkembangan proses giling tahun ini relatif bagus. Rata-rata capaian rendemen hingga Agustus sekitar 7 persen. Capaian rendemen itu ditopang kondisi iklim sehingga berpengaruh terhadap kualitas tanaman tebu. 

''Hingga sekarang, proses giling tebu sudah lebih dari 50 persen untuk keseluruhan pabrik gula,'' katanya. Tahun ini perseroan menargetkan menggiling 4,6 juta ton. Pada 2018, produksi gula ditargetkan 347 ribu ton atau naik 35 ribu ton jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang mencapai 312 ribu ton. Sementara itu, musim giling di pabrik gula di bawah PTPN XI diperkirakan berakhir pada November sehingga masih ada waktu hingga dua bulan ke depan. Lamanya waktu giling tersebut terjadi karena pasokan tebu di wilayah timur cukup banyak. 

Berbeda dengan wilayah timur, tebu di wilayah barat cenderung tidak terlalu banyak. ''Jadi, giling di barat sudah hampir selesai,'' ungkapnya. Ada beberapa pabrik gula di wilayah barat yang selesai giling. Antara lain PG Rejosari, Pagotan, dan Sudono. Karena itu, ada satu yang masih giling, yakni PG Purwodadi. (res/c19/oki)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar