Dorong Kopi & Tahu Sumedang Tembus Eropa lewat Barcelona

Dorong Kopi & Tahu Sumedang Tembus Eropa lewat Barcelona
Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman berdiskusi dengan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona Fredy Josep Pelawi di sela-sela Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Jumat (10/11/2023). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, BARCELONA - Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman yang sedang menghadiri Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, menjalin hubungan dengan pihak lain dalam rangka memasarkan produk unggulan daerahnya.

Salah satu yang ditemui Herman ialah Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona Fredy Josep Pelawi.

Herman dan Pak Jo -panggilan akrab Josep Pelawi- berdiskusi secara intens untuk menjajaki potensi ekspor komoditas unggulan dari Kabupaten Sumedang.

"Pak Jo memberikan dukungan penuh untuk mengekspor komoditas unggalan Sumedang, terutama produk agribisnis, seperti kopi, mangga gedong gincu dan ubi cilembu, maupun makanan olahan dan kerajinan," ucap Herman di Gran Via Venue, Barcelona, Jum'at (10/11).

Peraih penghargaan Sekda Terbaik pada ajang Digital Leadership Government Award 2022 itu menjelaskan kunci penting untuk menembus pasar internasional ialah kesiapan dan profesionalitas pelaku usaha di Sumedang. Dua kunci penting itu mencakup jaminan tentang kualitas, kuantitas produk, hingga kontinuitas produk.

"Standar dan mekanisme ekspor ke kawasan Eropa, khususnya Spanyol sangat ketat. Untuk itu, para pelaku usaha Sumedang harus mempersiapkan diri dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, upaya untuk menembus pasar luar negeri juga harus disertai komunikasi yang baik. “Kami menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan Kementerian Perdagangan RI melalui ITPC Barcelona," kata Herman.

Adapun Josep Pelawi menyambut baik dan mendorong inisiatif Pemkab Sumedang mengekspor komoditas unggulannya ke Spanyol. Menurut dia, Barcelona bisa menjadi pintu masuk bagi Sumedang untuk menembus pasar Eropa.

Pj Bupati Herman Suryatman mendorong kopi & tahu Sumedang tembus pasar Eropa lewat Barcelona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News