Dorong Penerapan Ekonomi Sirkular, Danone-AQUA Bekerja sama dengan Pemerintah

Dorong Penerapan Ekonomi Sirkular, Danone-AQUA Bekerja sama dengan Pemerintah
Danone-AQUA turut mendukung dan menjadi bagian dalam Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) 2023, yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK). Foto dok Danone

jpnn.com, JAKARTA - Danone-AQUA turut mendukung dan menjadi bagian dalam Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) 2023, yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK), sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kolaborasi multisektor dalam menekan permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Berlangsung selama empat hari (13-16 Juni 2023), FPSN 2023 menghadirkan sejumlah kegiatan berupa, pameran yang diikuti oleh 47 exhibitor, forum seminar, dialog dan talk show, B2B Business Matchmaking, temu profesi, kegiatan menarik lain serta sejumlah penghargaan untuk pihak yang berkomitmen menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Festival Peduli Sampah Nasional 2023 diharapkan menjadi forum bersama dalam memberikan solusi nyata dalam menuntaskan persoalan sampah di Indonesia, terutama sampah plastik, serta mendorong pelaksanaan rencana aksi untuk mencapai target nasional penurunan emisi gas rumah kaca yang akan menjadi babak baru menuju Zero Waste, Zero Emission,” ujar Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) KLHK.

Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia mengatakan sebagai salah satu mitra strategis pemerintah dalam upaya penanggulangan sampah plastik di Indonesia, merasa bangga terlibat dalam kegiatan FPSN 2023.

Keterlibatan Danone-AQUA merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk menanggulangi sampah dengan memperkuat ekosistem sirkular, sekaligus meningkatkan pemahaman mengenai ekonomi sirkular di tengah masyarakat.

Hal ini sejalan dengan komitmen #BijakBerplastik Danone-AQUA yang telah diluncurkan sejak 2018 yang lalu, dengan tiga fokus utama, yaitu pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi kepada konsumen dan masyarakat, serta inovasi kemasan produk.

Melalui upaya kolaboratif ini, Danone-AQUA berharap bisa menjadi mitra terpercaya bagi Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi sirkular, sekaligus mengedukasi lebih banyak masyarakat untuk memahami dan turut aktif dalam penerapan ekonomi sirkular dalam keseharian mereka.

Peran Danone-AQUA dalam FPSN 2023 diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Pertama, Danone-AQUA berpartisipasi mendekatkan penerapan ekonomi sirkular dengan keseharian masyarakat dengan menghadirkan AQUA Reverse Vending Machine (RVM) atau mesin penukaran botol plastik bekas pakai di salah satu stand pameran di FPSN 2023.

Danone-AQUA merasa bangga bisa terlibat dalam kegiatan Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News