Dorong Peradaban Lewat Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Dorong Peradaban Lewat Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka
Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muh Syarif Bando menyerahkan penghargaan kepada Wakil Bupati Pali, Ferdian Andreas Lacony pada acara “Malam Penganugerahan Nugra Jasadarma Pustaloka” di ICC, Jakarta, Kamis (6/9). Foto: Ist.

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan penghargaan tertinggi kepada mereka yang telah mendedikasikan pikiran, waktu, tenaga dan sumberdaya yang dimilikinya untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat melalui perpustakaan. Mereka yang memiliki kepedulian dan keberpihakan mengembangkan perpustakaan mendapatkan penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muh Syarif Bando mengatakan Gemilang Perpustakaan Nasional merupakan salah satu upaya mempromosikan peran penting perpustakaan, dalam mengembangkan peradaban dan budaya bangsa. Perpustakaan memiliki peran sentral dalam menghimpun, mengelola dan melestarikan karya cetak dan karya rekam agar gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan yang ada di dalamnya dapat disampaikan kepada generasi-generasi selanjutnya.

“Nugra Jasa Darma Pustaloka hanya sekadar simbol, tetapi dampak nyata pada masyarakat atas dedikasi yang telah bapak dan ibu curahkan adalah penghargaan sesungguhnya,” kata Syarif Bando pada acara “Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 – Malam Penganugerahan Nugra Jasadarma Pustaloka” di Integrity Convention Centre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (6/9) malam.

Acara tersebut dimeriahkan oleh Armada Band Judika. Sheryl Sheinafia dan Fabas Art dengan Host Gilang Dirga dan Gracia Indri.

Dalam acara ini hadir antara lain Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab dan anggota Komisi X DPR RI. Hadir pula para Penerima Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2018 antara lain Kapolri Jenderal Tito Karnavian diwakili oleh Kepala Pusat Sejarah Kepolisian Republik Indonesia Brigadir Jenderal Polisi Istu Hari Winarto, Bupati Lampung Timur, Hj. Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ferdian Andreas Lacony.

Dorong Peradaban Lewat Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Penerima Penghargaan untuk Kategori Birokrat/Tokoh Masyarakat

Menurut Syarif, Nugra Jasadarma Pustaloka sekaligus apresiasi terhadap kreatifitas dan inovasi tiada henti untuk kemajuan bangsa. Untuk itu pula, anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka tidak hanya pada Pustakawan Berprestasi Terbaik, Perpustakaan Desa Terbaik, Perpustakaan SLTA Terbaik, Pencerita Terbaik SD/MI tingkat nasional, tetapi juga kepada Buku Terbaik Deposit, Tokoh Masyarakat Terbaik dalam Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, Pers dan Insan Pers Terbaik, Pegiat Literasi Terbaik, Pelestari Naskah Kuno Terbaik dan Penghargaan Seumur-hidup (Lifetime Achievement) kepada tokoh yang sepanjang hayat mededikasikan dirinya pada pengembangan perpustakaan.

Gemilang Perpustakaan Nasional merupakan salah satu upaya mempromosikan peran penting perpustakaan, dalam mengembangkan peradaban dan budaya bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News