Dorong Sektor Industri Kreatif, BCA Dukung Gelaran Budaya Satu dalam Cita

Dorong Sektor Industri Kreatif, BCA Dukung Gelaran Budaya Satu dalam Cita
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung rangkaian acara Satu dalam Cita, yang akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah pada 23-25 Juni 2023. Foto dok BCA

jpnn.com, SOLO - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung rangkaian acara Satu dalam Cita, yang akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah pada 23-25 Juni 2023.

Acara Satu dalam Cita ini merupakan kelanjutan dari pertunjukan Epilog Calonarang Sudamala yang telah sukses digelar  pada 2022 lalu.

Dukungan BCA pada acara ini merupakan komitmen perseroan dalam melestarikan seni dan budaya nusantara. Program kebudayaan sendiri menjadi salah satu fokus Bakti BCA dalam pilar Bakti Sinergi.

Pada perhelatan ini, BCA tidak hanya memberikan kemudahan transaksi dalam mendapatkan tiket, tetapi juga memberdayakan UMKM binaannya untuk ambil bagian dalam pasar rakyat berkelanjutan. Pasar rakyat ini mengambil tema Pasar Kangen, yang akan diisi oleh kekayaan warisan budaya dengan konsep pop up shop.

Nantinya lebih dari 60 tenant UMKM akan tergabung dalam Pasar Kangen ini, termasuk beberapa mitra Desa Binaan Bakti BCA dan Bangga Lokal BCA, seperti Kampung Batik Gemar Sumilir,  Wisata Wayang Desa Wukirsari, Agung Ngoro, Kopi Sirap, dan Sosis Solo Pojok Beteng. Pengunjung dapat menikmati sajian Pasar Kangen di area Pamedan Mangkunegaran.

Secara keseluruhan, rangkaian acara Satu dalam Cita terdiri atas pementasan Epilog Calonarang Sudamala yang diproduseri oleh Happy Salma dan Nicholas Saputra, Pasar Kangen, dan Royal Heritage Dinner, hingga kegiatan seni lainnya, seperti Sudamala Tour, lokakarya, hingga pameran koleksi bersejarah hubungan Mangkunegaran dan Bali.

“Kami sangat antusias untuk ambil bagian dalam kolaborasi ‘Satu dalam Cita’. Sebagai perbankan nasional, BCA senantiasa berkomitmen untuk turut berkontribusi memelihara dan merayakan seni dan budaya. Kami menyadari pelestarian seni dan budaya merupakan faktor penting dalam membentuk kehidupan dan peradaban yang dinamis dan inklusif," ujar EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn.

Aksi dan kolaborasi budaya ini juga diharapkan bisa menjadi episentrum pergerakan ekonomi kreatif, meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni tanah air, dan memacu efek ekonomi menggulung atau multiplier effect sehingga akhirnya berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian nasional.

Dukungan BCA pada acara ini merupakan komitmen perseroan dalam melestarikan seni dan budaya nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News