Dorong UMKM Go Digital, Jokowi Instruksikan Pemda Belanjakan APBD untuk Produk Lokal

Dorong UMKM Go Digital, Jokowi Instruksikan Pemda Belanjakan APBD untuk Produk Lokal
Dokumentasi - Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memuji kebijakan Presiden Jokowi, yang mendorong UMKM go digital.

Apalagi Jokowi juga ikut mendorong agar Pemda bisa merealisasikan E-Katalog bagi produk-produk UMKM.

Presiden Joko Widodo mendorong UMKM go digital dan mengintruksikan agar segala bentuk kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan produk-produk lokal.

Langkah tersebut merupakan upaya Jokowi mendorong kemajuan UMKM.

“Sesuai ketentuan yang disampaikan intruksi Pak Jokowi bahwa dalam kegiatan pembangunan juga harus betul-betul menggunakan produk dalam negeri,” ujar Kadis Dukcapil Kabupaten Bekasi, Carwinda.

Langkah Jokowi melakukan transformasi digital bukan hanya di sektor UMKM saja, namun juga dalam bentuk pelayanan birokrasi.

“Kami menerjemahkan kebijakan Pak Jokowi dalam langkah operasional kaitan dengan beberapa perizinan di Kabupaten Bekasi semua sudah menggunakan online,” terang Carwinda.

Carwinda mengatakan segala bentuk perizinan juga sudah bisa diakses melalui online. Langkah tersebut selain memudahkan masyarakat juga mendorong transparansi sehingga mencegah penyelewengan atau korupsi.

Presiden Joko Widodo mendorong UMKM go digital dan mengintruksikan agar segala bentuk kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan produk lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News