DPD Minta BPN Optimalkan GTRA untuk Penyelesaian Konflik Pertanahan

DPD Minta BPN Optimalkan GTRA untuk Penyelesaian Konflik Pertanahan
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat mengikuti rapat kerja dengan Banggar DPR, di Jakarta, Senin (31/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  Komite I DPD RI Komite I DPD RI mendesak Kementerian ATR/BPN RI mengoptimalkan keberadaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) untuk melakukan harmonisasi regulasi antar kementerian/lembaga.

Seperti diketahui GTRA membawahi berbagai kementerian/lembaga.

"Agar penyelesaian berbagai konflik pertanahan di daerah dan pelepasan desa dari kawasan hutan dapat berjalan baik," ungkap salah satu kesimpulan Rapat Kerja Komite I DPD RI dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI Suharso Monoarfa mengatakan berkaitan dengan Reforma Agraria dan permasalahan pertanahan di Daerah (31/5).

Rapat Kerja ini dipimpin oleh Fernando Sinaga (Wakil Ketua III) dan didampingi oleh Abdul Kholik (Wakil Ketua II). Sedangkan anggota yang hadir antara lain Agustin Teras Narang (Kalteng), Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa (Sumbar), Lily Salurapa (Sulawesi Selatan), Ahmad Sukisman Azmy (NTB), Filep Wamafma (Papua Barat), Richard Hamonangan Pasaribu (Kepri), Intsiawati Ayus (Riau), M. Syukur (Jambi), Ahmad Bastian (Lampung), dan Badikenita Sitepu (Sumut). Sedangkan dari Kementerian ATR/BPR RI dihadiri langsung oleh DR. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD, Menteri ATR/BPN RI beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Senator Fernando dari Kaltara menjelaskan Rapat Kerja dengan Menteri ATR/BPN RI ini bertujuan untuk meminta penjelasan terkait dengan perkembangan pelaksanaan Kebijakan Reforma Agraria.

Hal itu termasuk pada penyelesaian permasalahan-permasalahan konflik pertanahan, memastikan kebijakan sertifikasi tanah berjalan dengan optimal masyarakat, perkembangan program penataan kembali penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.

"Pelaksanaan UU Cipta Kerja khususnya klaster pertanahan dan Tata Ruang yang terkait mafia pertanahan, lalu permasalahan pertanahan lainnya," kata Fernando.

Sementara itu, Menteri BPN Suharso menegaskan total legalisasi aset seluas 6,99 juta hektare atau 155,40 persen dan total redistribusi tanah seluas 2,14 juta hektare 47,59 persen.

Terdapat dua permasalahan pelaksanaan Reforma Agraria yakni permasalahan TORA dari pelepasan kawasan hutan dan permasalahan TORA dari tanah transmigrasi.

Sementara itu untuk percepatan penyelesaian konnflik pertanahan telah dibentuk Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Agraria 2021 sebagai dasar untuk melakukan akselerasi dan kerja bersama lintas sektor.

Rapat Kerja ini berlangsung dari Pukul 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, dan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:

1. Komite I DPD RI mengapresiasi Kementerian ATR/BPN RI atas capaian Reforma Agraria dan penyelesaian permasalahan konflik pertanahan di Daerah.

2. Komite I DPD RI meminta Kementerian ATR/BPN RI mempercepat proses penataan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah melalui penataan aset dan penataan akses.

3. Komite I DPD RI meminta Kementerian ATR/BPN RI untuk memprioritaskan upaya pencegahan dan pemberantasan mafia pertanahan dan memfasilitasi penyelesaian permasalahan Tata Ruang di berbagai Daerah.

4. Komite I DPD RI meminta Kementerian ATR/BPN RI untuk mengoptimalkan penyelesaian konflik-konflik pertanahan di berbagai daerah dengan memperhatikan tanah ulayat dan hak-hak masyarakat adat.

5. Komite I DPD RI mendesak Kementerian ATR/BPN RI mengoptimalkan pelaksanaan peran Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) agar penyelesaian berbagai konflik pertanahan di daerah dan pelepasan desa dari kawasan hutan dapat berjalan dengan baik. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Komite I DPD RI Komite I DPD RI mendesak Kementerian ATR/BPN RI mengoptimalkan keberadaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) untuk melakukan harmonisasi regulasi antar kementerian/lembaga.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News